Tips Memilih Susu Untuk Ibu Hamil

 

Berbagai macam produk susu beredar di pasaran, sehingga menyulitkan ibu memilih susu yang tepat. Hal penting yang harus diperhatikan pada susu adalah bahwa susu ibu hamil harus mengandung nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan pada kehamilan seperti asam-asam amino dan protein, kalsium, vitamin, asam folat dan zat besi, serta DHA. Berbagai nutrisi tersebut dibutuhkan untuk membantu menyempurnakan perkembangan janin. Dalam memilih produk susu, perhatikan rasa dan pilihlah sesuai selera agar kegiatan minum susu juga dapat dilakukan dengan menyenangkan. Jangan pilih rasa susu yang menimbulkan rasa mual.

Bila Ibu mengalami intoleransi terhadap laktosa dan tidak dapat mengkonsumsi susu sapi, Ibu dapat memilih mengkonsumsi susu kedelai. Tidak kalah dengan susu sapi, susu kedelai untuk ibu hamil juga memberikan banyak manfaat bagi ibu dan janin. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi susu kedelai adalah :

memilih susu untuk ibu hamil

  1. Kaya akan asam folat

Asam folat merupakan salah satu senyawa yang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan. Tubuh tidak dapat memproduksi asam folat, karenanya ibu hamil dapat memperolehnya dari makanan yang dikonsumsi. Asam folat berperan penting dalam pembentukan tulang belakang, tengkorak dan otak serta perkembangan sistem saraf. Kekurangan asam folat juga dapat menyebabkan keguguran.

  1. Kaya asam amino

Asam amino sangat dibutuhkan selama kehamilan karena merupakan bahan dasar perkembangan janin. Susu kedelai mengandung hampir semua asam-asam amino esensial yang juga diproduksi secara alami di dalam tubuh. Asam amino merupakan komponen penyusun protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Kaya serat

Makanan berserat akan sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena melambatnya sistem pencernaan yang terjadi pada kehamilan menimbulkan konstipasi. Mengkonsumsi susu kedelai dapat meningkatkan asupan serat dan mengatasi permasalahan tersebut.

  1. Tidak mengandung kolesterol

Selain tidak mengandung kolesterol, susu kedelai juga dapat menurunkan kadar LDL dalam darah. LDL adalah lemak jahat yang dapat menimbulkan berbagai penyakit. LDL akan menempel pada pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan atau stroke. Peredaran darah yang lancar akan memperlancar asupan nutrisi bagi ibu hamil dan janin.

  1. Kaya vitamin

Susu kedelai mengandung vitamin A, B1,B2,B3,B5, B6 dan vitamin C. Kandungan vitamin-vitamin tersebut akan menjaga kondisi tubuh ibu hamil tetap sehat dan bugar.

Susu untuk ibu hamil harus dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Baik susu sapi maupun susu kedelai, keduanya memiliki nutrisi yang baik bagi ibu dan janin. Perhatikan dan bandingkan secara seksama sebelum memilih salah satu produk susu yang beredar di pasaran. Apapun pilihan susu yang dipilih, biasakan diri memeriksa komposisi pada kemasan untuk mengetahui seberapa besar kandungan nutrisi pada susu. Jangan pernah lupa untuk memeriksa tanggal kadaluarsa pada kemasan. Memilih susu ibu hamil yang tepat dapat turut menyempurnakan perkembangan janin.

 

Tips Memilih Susu Untuk Ibu Hamil | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro