Tips Memilih Makanan Yang Tepat Untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan membutuhkan perhatian lebih, mengingat masa tersebut sangat menentukan masa depan sang buah hati. Makanan untuk ibu hamil menjadi salah satu hal terpenting karena apa yang dikonsumsi sang ibu juga akan dikonsumsi oleh janin. Memberikan nutrisi yang dibutuhkan janin tidak hanya akan membentuknya menjadi sempurna secara fisik, tetapi juga membantu mengembangkan baik kepribadian dan kecerdasan anak. Karena makan merupakan aktivitas fisik yang tidak akan dihindari, sangat perlu bagi ibu hamil untuk memilih makanan yang tepat.

Mengkonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil akan memenuhi asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan calon buah hati. Beberapa makanan berikut dapat menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.
1. Telur
Telur kaya akan protein yang dibutuhkan untuk pembentukan setiap sel pada tubuh janin. Telur juga kaya akan choline dan omega-3, nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan janin untuk perkembangan tubuh serta kesehatan otak dan penglihatan. Jangan khawatirkan masalah kolesterol yang terdapat pada telur. Telur memang kaya akan kolesterol namun rendah akan lemak jenuh. Lemak jenuh pada telur hanya sekitar 1 ½ gram dalam tiap butirnya. Mengkonsumsi 2 butir telur setiap harinya akan memberi nutrisi yang dibutuhkan janin tanpa khawatir akan resiko ketidaknormalan nilai kolesterol. Hindari mengkonsumsi telur mentah.

2. Minyak Ikan

makanan sehat untuk ibu hamil
Minyak ikan kaya akan omega-3 dan DHA (docosahexaenoic acid), komponen yang sangat penting untuk perkembangan otak dan penglihatan anak. DHA sangat dibutuhkan pula untuk pembentukan kulit dan organ reproduksi pria. Minyak ikan air laut kaya akan DHA.

3. Pisang
Pisang kaya akan potasium, asam folat, serat, vitamin C dan B6. Buah ini baik dikonsumsi pada kehamilan trimester pertama karena Vitamin B6 akan membantu mengatasi kondisi morning sicknesss. Potasium pada pisang akan membantu mempertahankan keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh. Wanita hamil membutuhkan 4.700 mg potasium setiap harinya, pada 1 butir pisang berukuran sedang mengandung 422 mg potasium.

4. Bayam
Bayam kaya akan asam folat, vitamin A,C,dan K, besi, mangan dan serat. Asam folat sangat penting untuk kesempurnaan pembentukan saraf pada otak dan tulang belakang yang merupakan pusat saraf. Serat dapat membantu mengatasi konstipasi dan hemorroid yang timbul karena sistem pencernaan yang melambat.

Selain mengetahui makanan yang baik untuk dikonsumsi saat hamil, memperhatikan makanan yang dilarang untuk ibu hamiljuga penting agar tidak mengganggu dan membahayakan perkembangan janin. Beberapa makanan berikut sebaiknya dihindari selama masa kehamilan.
1. Telur dan Daging Mentah
Bakteri Salmonella terdapat pada telur dan daging mentah. Bakteri ini menyebabkan diare yang parah bila terinfeksi. Diare dapat mengganggu keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh dan menyebabkan dehidrasi. Bila mengalami diare, penanganan awal yang harus dilakukan adalah meminum oralit.

2. Sayuran Mentah
Hindari konsumsi sayuran mentah karena mengandung bakteri Toksoplasmosis. Meskipun beberapa sayuran nikmat dikonsumsi saat mentah namun jangan mengambil resiko tersebut. Toksoplasmosis akan menyebabkan infeksi serius bagi janin.

3. Seafood
Kurangi konsumsi makanan yang berasal dari laut karena beresiko mengandung mercury. Bila Anda adalah penggemarsushi, hindari konsumsinya selama hamil. Mercury dapat menginterfensi otak dan sistem saraf pusat dan menimbulkan gangguan.

Selalu perhatikan dan kenali makanan yang Anda konsumsi. Hindari pula konsumsi alkohol dan makanan yang mengandung banyak bahan tambahan seperti pengawet dan pewarna sintesis. Mengkonsumsi makanan untuk ibu hamil secara tepat dapat menunjang perkembangan janin yang sehat dan sempurna.

Tips Memilih Makanan Yang Tepat Untuk Ibu Hamil | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro