Tips Ibu Hamil Muda Sehat dan Bahagia

Kehamilan memang menyebabkan perubahan secara fisik dan psikologis sehingga seorang wanita perlu tips ibu hamil muda agar tetap sehat dan bahagia. Tips ini berhubungan dengan keluhan yang kerap dirasakan ibu ketika sedang menjalani masa awal kehamilan. Tujuan dari tips yang akan diulas di paragraf selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan calon buah hatinya. Seperti yang kita ketahui bahwa di awal kehamilan terjadi perubahan besar dari segi hormonal sehingga menyebabkan ibu hamil merasa kurang nyaman. Emosi meluap-luap sering terjadi di awal kehamilan dan membuat perasaan tidak bahagia.

Mengatasi Keluhan Fisik

Keluhan yang kerap dialami ibu hamil muda adalah mual dan muntah di pagi hari atau yang dikenal dengan sebutan morning sickness. Cara mengatasinya adalah dengan makan sedikit tapi sering. Hindari makanan yang mengandung lemak, santan, dan berkuah kental. Lebih baik konsumsi makanan segar yang kering. Keluhan lain yang juga sering terjadi adalah sering kencing. Hal ini terjadi akibat pembesaran rahim di dalam rongga panggul yang membuat kandung kemih tertekan. Agar tidak mengganggu istirahat Anda, sebaiknya jangan minum 1 jam sebelum tidur. Tips untuk ibu hamil muda dalam memenuhi nutrisinya adalah dengan menghindari makan nanas terlalu banyak karena mengandung hormon prostaglandin. Ganti saja dengan buah lain yang sama segarnya. Kebutuhan nutrisi harus tetap dipenuhi kendati malas makan demi menjaga pertumbuhan buah hati.

Mengatasi Masalah Psikologis

ibu Hamil MudaPerubahan psikologis kerap terjadi pada wanita hamil, terutama saat awal kehamilan. Perubahan hormon ternyata juga menyebabkan mood ibu menurun. Rasa cemburu berlebihan membuat ibu kerap marah pada pasangannya. Padahal tidak terjadi apapun dengan pasangannya tersebut. Tips wanita yang tengah hamil muda agar sehat secara psikologis adalah dengan mendapatkan dukungan dari keluarga dan pasangan. Ibu perlu kasih sayang dan perhatian yang cukup. Selain itu, doa dan faktor religi juga sangat berperan dalam mengatasi berbagai kecemasan yang timbul di awal kehamilan. Kadang ibu hamil yang stress bisa berhalusinasi atau bertingkah aneh. Dalam kondisi yang sudah parah, ibu bisa dibawa ke psikiater untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan biarkan ibu hamil mengalami tekanan mental karena ia sedang rentan dengan hal itu.

Usaha untuk tetap cantik, segar dan bugar selama masa kehamilan bisa dilakukan dengan melakukan perawatan tubuh seperti spa dan facial. Pada awal kehamilan perut belum terlalu membesar sehingga ibu masih bisa melakukan posisi tidur yang nyaman. Menjalani aktivitas yang disukainya juga akan membuat ibu merasa lebih sehat dan tenang. Jadi, tidak perlu mengekang semua aktivitas ibu, yang penting tidak membahayakan kesehatan sudah cukup. Tips ibu hamil muda ini sebaiknya benar-benar diterapkan agar bisa menjalani masa hamil dengan lancar.

Tips Ibu Hamil Muda Sehat dan Bahagia | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro