Senam Hamil Untuk Menyambut Persalinan

Menjaga tubuh tetap fit dan bugar adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan ibu hamil pada masa kehamilan. Senam hamil adalah salah satu aktivitas yang dapat membuat ibu hamil tetap fit. Tidak ada aturan khusus terkait kapan ibu hamil dapat melakukan senam namun dianjurkan untuk melakukannya pada usia kehamilan 22 minggu atau lebih. Bila usia kehamilan masih muda, selalu mewaspadai aktivitas berlebihan sangat penting untuk dilakukan karena pada masa tersebut rentan terjadi keguguran.

Senam hamil 9 bulan memiliki tujuan untuk mempersiapkan persalinan. Namun melakukan senam khusus tersebut juga dapat membantu mengatasi beberapa kondisi pada kehamilan seperti lebam pada badan terutama pada bagian persendian serta memberikan rasa rileks dan mengurangi resiko stress. Berbagai gerakan dalam senam dibuat secara khusus untuk melatih ibu agar tidak terkejut bila menjalani persalinan. Berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari melakukan senam kehamilan yaitu :

  1. Untuk melatih teknik pernapasan sehingga dapat menghirup oksigen secara optimal. Jadi jika tiba masa persalinan, ibu hamil tidak mengalami kesulitan dalam mengatur pernapasan.
  2. Memperkuat kelenturan otot dinding perut karena biasanya pada masa kehamilan, nyeri pada bagian perut dan pantat akan sering dialami ibu hamil. Melakukan senam secara rutin dapat meningkatkan elastisitas otot-otot pada bagian perut, sehingga rasa nyeri juga akan berkurang.
  3. Merelaksasi ibu hamil selama masa kehamilan. Berbagai kondisi fisik yang mengganggu dan tidak menyenangkan dapat timbul sebagai akibat ketidakseimbangan hormon yang dialami ibu hamil. Kondisi tersebut rentan menimbulkan stress yang akan memberikan lingkungan yang buruk bagi janin. Relaksasi juga akan membantu ibu tetap tenang saat mempersiapkan proses persalinan.
  4. Melancarkan proses persalinan adalah manfaat terpenting dari melakukan senam kehamilan. Tingkat kesulitan pada proses persalinan bagi ibu yang secara rutin melakukan senam lebih rendah dibandingkan ibu yang tidak melakukan senam atau tidak melakukannya secara rutin.

 

senam hamil

Beberapa gerakan dalam senam ibu hamil  yang tepat dapat memaksimalkan manfaat-manfaat yang dapat diperoleh. Beberapa gerakan yang dapat dilakukan terutama untuk memudahkan persalinan diantaranya :

  1. Gerakan senam kegel, karena dapat melatih dan menguatkan bagian panggul sehingga memudahkan persalinan. Senam kegel juga melatih otot-otot di sekitar uretra, kandung kemih, rektum dan rahim.
  2. Jalan kaki, karena akan dapat membantu posisi bayi agar berada dalam jalur kelahiran dan mengurangi waktu persalinan.
  3. Senam jongkok, yang diawali dengan posisi berdiri dan kemudian berjongkok secara perlahan, menahannya selama 10 detik sebelum berdiri kemba Gerakan tersebut dilakukan berulang dan dapat menguatkan bagian otot paha dan meregangkan otot panggul.
  4. Berbaring tenang dengan posisi kaki lurus dan menumpu pada dinding. Kedua tangan menyamping dengan telapak tangan menuju ke atas. Ibu kemudian memejamkan mata dan menarik napas perlahan hingga merasa tenang.

Senam khusus untuk kehamilan memang baik dilakukan secara rutin namun bila mengalami nyeri, perdarahan dan sering kontraksi, senam sebaiknya dihentikan dan berkonsultasi dengan dokter dapat menjadi pilihan yang tepat.Ibu hamil yang memiliki masalah seperti kelainan letak plasenta, hipertensi dan perdarahan tidak disarankan untuk melakukan senam hamil demi keamanan ibu dan janin.

Senam Hamil Untuk Menyambut Persalinan | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro