Perkembangan Janin Usia 2 Bulan Hingga 3 Bulan

Hamil 2 bulan merupakan kehamilan yang masih sangat muda. Bahkan pada saat melakukan tes kehamilan dan konsultasi dokter, kehamilan baru dapat diketahui dalam usia ini. Pada masa ini muncul gejala awal kehamilan, seperti mual dan muntah berlebihan, badan terasa pegal, pusing, mood naik turu. Memang tanda awalnya mirip dengan tanda kan datang bulan, namun pada bulan ini Anda tidak akan mendapatkan masa menstruasi. Saat usia kehamilan baru berumur 2 bulan, janin Anda masih sangat kecil yaitu berukuran sekitar 2 gram dengan panjang 2 cm.

Oleh karena itu sebaiknya Anda perlu berhati-hati dalam melakukan aktivitas mengingat usia kandungan yang masih sangat rawan. Disarankan kepada para ibu hamil untuk istirahat sejenak dari segala aktivitas dan menghindari letih yang berlebihan.Pasalnya banyak ibu hamil yang mengalami keguguran karena kurang berhati-hati dalam menjaga kandungannya.

Setelah melewati masa 2 bulan yang penuh dengan rasa khawatir, Anda akan memasuki usia hamil 3 bulan. Meskipun sudah memasuki bulan ketiga, rasa mual muntah akibat morning sickness pun belum juga berlalu.Anda masih sering merasa pusing hingga muntah karena melihat atau merasakan sesuatu. Inilah yang biasa dibilang oleh orang Jawa sebagai proses ngidam. Mungkin Anda kan menginginkan sesuatu yang lain dari biasanya, dan biasanya pun keinginan itu harus ada pada saat itu juga. Usia kandungan 3 bulan atau 12 minggu ini janin sudah terlihat seperti bentuk manusia. Jika sebelumnya tampak dari hasil USG hanya berbentuk bulatan lonjong saja, kini janin mulai berbentuk utuh. Anda pun sudah dapat membedakan bagian kepala dan badan janin dari layar monitor USG.

janin usia 2-3 bulan

Selain tampak seperti manusia, janin dalam kandungan pun sudah tidak berupa gumpalan lagi, oleh karena itu jika terjadi keguguran pada masa ini dokter akan mengkuret rahim sampai bersih agar rahim dapat kosong dan kehamilan terjadi lagi. Aborsi pun dilarang keras oleh pemerintah di usia kandungan ini, mengingat bentuk janin sudah sama persis dengan manusia. Meskipun masih jauh hingga waktu jelang melahirkan di usia hamil 36 minggu, namun perjuangan untuk sampai usia kandungan ini cukup berat. Anda harus rela mengalami kurang enak badan selama berminggu-minggu untuk menyelesaikan trimester pertama kehamilan.

Di trimester pertama kehamilan sebaiknya Anda mulai mencari teman sesama ibu hamil untuk berbagi rasa dan sharing pengalaman mengandung, apalagi jika ini adalah masa kehamilan pertama bagi Anda.Anda dapat juga berkonsultasi dengan teman atau kerabat yang sudah lebih dahulu berhasil melahirkan untuk dimintai informasi mengenai kehamilan dan seluk beluknya. Namun tenang saja, masa awal seperti hamil 2 bulan hingga 3 bulan ini akan segera berlalu dan berganti dengan fase kehamilan berikutnya.

Perkembangan Janin Usia 2 Bulan Hingga 3 Bulan | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro