Perkembangan Janin Saat Hamil 7 Bulan Hingga 9 Bulan

Kini Anda telah berada pada trimester ketiga yaitu usia hamil 7 bulan hingga 9 bulan. Pengalaman yang sudah dirasakan pada minggu-minggu sebelumnya dapat Anda jadikan pelajaran yang sangat berharga untuk kedepannya. Memasuki usia 7 bulan ini Anda dapat sedikit lega karena masa-masa rawan terlewati sudah. Anda dapat merencanakan hari yang pas untuk berbelanja keperluan untuk sang buah hati, karena momen ini sangat tepat untuk melihat udara luar sekaligus mencari keperluan bayi. Anda sudah tidak takut lagi dengan berbagai pantangan karena di usia ini janin tetap dapat tumbuh sehat meskipun jika terpaksa harus lahir saat ini juga.

Perkembangan bayi dalam kandungan Anda tumbuh dengan sangat pesat, beratnya pun sudah mencapai sekitar 1,2-1,6 kilogram dengan panjang 37-40 cm. Ia sudah berhasil memenuhi seluruh ruangan dalam rahim Anda. Dahi dan pupil mata sudah mulai terbentuk pada bulan ini.Memasuki hamil 8 bulan, jari jemari bayi Anda sudah mulai terbentuk dengan sempurna.Ia mulai menampakkan diri seperti bayi sungguhan dengan ukuran yang membesar. Bahkan matanya mulai berkedip-kedip saat terkena air ketuban di dalam rahim. Jika Anda dapat menggendongnya sekarang, beratnya sudah mencapai 2,2 hingga 2,5 kilogram dengan panjang 43 cm.

janin usia 7 bulan

Tak terasa ruangan rahim Anda sudah semakin penuh dengan kehadiran janin dalam kandungan, karena ia sudah semakin membesar dan kehilangan ruang bebas untuk bergerak. Pada masa ini Anda akan jarang merasakan ia bergerak kesana kemari seperti masa sebelumnya, ia hanya akan tampak seperti menendang pada bagia tertentu untuk menunjukkan eksistensinya. Anda tak perlu cemas ketika tiba-tiba bayi dalam kandungan tidak bergerak, karena kemungkinan ia sedang tidur. Tak dapat disangkal bahwa bayi pun dapat tidur dalam rahim ibu. Anda dapat sesekali menggelitiki perut yang akan dibalas dengan geliatnya di dalam.

Di usia hamil 9 bulan, bulu pada bayi Anda sudah mulai berkurang dan rontok dengan sendirinya. Ia sudah siap lahir pada bulan ini. Anda dapat bersiap-siap membenahi baju yang akan Anda bawa untuk ke rumah sakit nanti. Persiapkan mulai sekarang agar jika tiba hari-H nanti Anda tidak kelabakan.Kontraksi palsu pun semakin kuat Anda rasakan hingga menjelang persalinan nanti.Tetap rileks saat menghadapi waktu bersalin agar dapat berjalan lancar.

Fase trimester ketiga merupakan fase dimana Anda akan lebih berhati-hati karena sebentar lagi Anda kan menyambut kehadiran sang buah hati. Berhati-hatilah dengan tekanan darah yang mendadak tinggi saat menghadapi persalinan. Tekanan darah yang tinggi ini dapat mengganggu proses persalinan dan cukup mengancam jiwa ibu hamil. Oleh karena itu rileks kan diri dengan banyak-banyak mengingat momen terbaik Anda mulai dari hamil 7 bulan hingga usia kandungan menginjak bulan kesembilan.

Perkembangan Janin Saat Hamil 7 Bulan Hingga 9 Bulan | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro