Perkembangan Janin Saat Hamil 4 Bulan Hingga 6 Bulan

Memasuki trimester kedua yakni usia hamil 4 bulan hingga 6 bulan, Anda dapat sedikit bernapas lega. Pasalnya pada fase ini mual dan muntah akibat morning sickness sudah banyak berkurang dan Anda pun sudah dapat beraktivitas dengan baik. Usia kehamilan 4 bulan ialah masa keemasan bagi ibu hamil, bagaimana tidak, lemas akibat muntah sudah berlalu namun perut belum terlalu besar, inilah yang menyebabkan masa ini sungguh menyenangkan. Anda dapat merayakan momen ini dengan mengajak suami berlibur ke tempat yang santai dan mengasyikkan untuk sekedar refreshing.

Moring sickness yang kemarin menghantui hari-hari Anda membuat fase 4 bulan ini terasa begitu menggairahkan. Janin dalam kandungan Anda sudah dapat merasakan detak jantung Anda dan mulai mengenali lingkungannya. Meskipun masih sangat kecil, janin sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Kulit tubuhnya pun mulai terlihat terbentuk hingga jari-jari tangannya pun sudah terlihat. Panjang tubuhnya mencapai 7,5 cm. Sekarang sudah saatnya Anda pergi ke dokter kandungan untuk mengatahui jenis kelamin janin yang Anda kandung.

Perut Anda akan terasa gatal pada saat memasuki usia hamil 5 bulan. Hal ini terjadi karena kulit meregang akibat pembesaran janin yang ada dalam kandungan. Panjang janin sudah mengalami peningkatan pesat dan hampir dua kali lipat, yaitu mencapai 16 cm. Inilah yang membuat perut Anda terasa cukup penuh dan sesak. Sudah saatnya Anda mengganti celana hamil Anda dengan baju terusan agar lebih leluasa dalam bergerak. Indra penglihatan janin Anda sudah mulai aktif saat ini, disamping indra perasa yang juga mulai menampakkan perembangan. Saat Anda merangsangnya dengan mengelus perut, ia akan sedikit memberikan respon dengan geliatnya.

janin usia 4-6 bulan

Anda pun sudah mulai merasakan gerakan tubuhnya didalam. Karena rahim masih agak kosong, ia masih dapat berputar kesana kemari mengubah posisi tubuhnya keatas dan kebawah, bahkan terkadang ia tampak menyamping. Jika jenis kelamin bayi Anda perempuan, Anda sudah dapat melihatnya sekarang.Menginjak hamil 6 bulan, bayi yang ada dalam kandungan sudah terlihat lebih matang. Ia mulai dapat menggunakan hampir seluruh panca inderanya. Dan anggota tubuh yang lain sudah cukup matang, namun tetap saja ia belum siap untuk dilahirkan pada bulan ini. Paru-parunya belum cukup matang untuk hidup di luar rahim dan ketuban. Anda harus bersabar sekiat beberapa bulan lagi untuk berjumpa dengan buah hati.

Di trimester kedua ini Anda belum dapat membeli barang kebutuhan bayi, banyak mitos yang menyatakan bahwa sebaiknya membeli keperluan bayi dilakukan pada bulan ketujuh saja. Namun mulai sekarang Anda bisa membuat list barang apa saja yang akan Anda beli untuk si jabang bayi yang akan lahir. Di saat hamil 4 bulan hingga 6 bulan ini dapat dikatakan saat menenangkan dan bebas dari was-was sebelum berjuang di trimester 3 nanti.

Perkembangan Janin Saat Hamil 4 Bulan Hingga 6 Bulan | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro