Perhatikan Asupan Gizi Ibu Hamil

Gizi ibu hamil merupakan suatu hal yang sangat penting diperhatikan oleh para ibu hamil di masa kehamilannya.Pasalnya gizi yang diperolehnya sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Akan ada banyak resiko yang membahayakan janin dalam kandungan jika si ibu tidak memperhatikan apa yang menjadi asupan hariannya. Jangan sampai asupan gizi tersebut kurang sehingga janin tidak mendapat asupan makanan dengan baik, janin dalam kandungan masih sangat tergantung pada gizi sang ibu melalui apa saja yang dimakanan. Oleh karena itu sangat penting bagi ibu hamil untuk memilih makanan dengan sangat hati-hati disesuaikan dengan usia kandungan agar jabang bayi tercukupi nutrisinya.

Seiring dengan bertambahnya usia kandungan sang ibu, gizi dari makanan juga harus semakin diperhatikan. Janin dalam kandungan semakin membutuhkan asupan yang tepat agar perkembangannya tidak mengalami gangguan. Dalam hal ini gizi ibu hamil dan menyusui hampir smakaren asma-sama membutuhkan zat besi, kalsium, magnesium yang menunjang pertumbuhan. Ibu hamil hendaknya mengontrol setiap asupan yang masuk agar tidak mengalami kekurangan gizi. Kenaikan berat badan ideal pada ibu hamil mencapai 12-15 kilogram, inilah yang menjadi pertanda bahwa gizi sang ibu sudah cukup untuk mencukupi dirinya dan janin yang ada dalam kandungan. Ibu dapat menambah jumlah kalori dari makanan jika merasa sering lemas dan kurang bertenaga selama proses kehamilan. Kalori bisa didapat dari buah-buahan yang manis ataupun roti yang juga bergizi untuk tubuh.

gizi ibu hamil menyusui

Pada masa awal kehamilan memang berat badan ibu hamil akan mengalami penyusutan, hal ini terjadi karena morning sickness yang dialami sehingga menyebabkan nafsu makan berkurang serta mual muntah berlebihan telah mengambil beberapa persen dari berat badan sang ibu. Oleh karena itu pemenuhan gizi ibu hamil trimester 1 harus tercukupi benar agar tidak mengganggu si janin.Jika terjadi muntah, ibu sebaiknya mengulangi makan pada waktu itu agar gizi tetap dapat masuk ke dalam tubuh guna kebutuhan nutrisi untuk si kecil dalam perut.Tak perlu mempedulikan rasa mual karena yang terpenting adalah kesehatan dan perkembangan janin.

Pada dasarnya gizi yang harus dipenuhi selama masa kehamilan meliputi kalori, asam folat, protein, kalsium, serta aneka vitamin.Asam folat menjadi penting karena zat inilah yang berguna untuk membentuk sel dan syaraf pada bayi dalam kandungan. Disamping zat gizi yang lain, asam folat memiliki peran penting karena kekurangan asam folat dapat menyebabkan bayi lahir cacat dan tidak sempurna. Bibir sumbing dan spinabifda merupakan penyakit yang paling sering muncul pada kondisi kurangnya asam folat. Oleh karena itu gizi ibu hamil selama proses kehamilan wajib diperhatikan.

Perhatikan Asupan Gizi Ibu Hamil | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro