Penyebab Pembengkakan Kaki Saat Hamil

Kaki bengkak saat hamil adalah kondisi yang umum dikeluhkan oleh para ibu hamil. Hal ini normal saja terjadi akan tetapi tidak ada salahnya untuk segera menemui dokter kandungan Anda. Konsultasi lebih lanjut untuk menemukan solusi demi mengatasi masalah tersebut dapat mencegah kondisi pembengkakan lebih jauh yang tentu saja dapat menyebabkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan saat berjalan. untuk itu selain kaki sangat penting menjaga kesehatan organ tubuh lainnya. Baca juga artikel tentang cara mengatasi keputihan saat hamil muda

Kaki bengkak saat hamil

 

Kaki Bengkak Saat Hamil 5 Bulan

Pada awal kehamilan, biasanya pembengkakan disebabkan adanya perubahan hormon dalam tubuh ibu yang menyebabkan fisik cenderung menahan cairan di dalam tubuh 30% lebih besar jika dibandingkan dengan kondisi normal yang berakibat terjadi penumpukan cairan di kaki. Kondisi ini semakin diperparah dengan semakin membesarnya perut ibu, maka akan semakin menekan pembuluh balik atau vena, sehingga aliran darah dari kaki yang akan mengalir kembali ke jantung menjadi tertahan. Kondisi ini merupakan penyebab utama kaki bengkak saat hamil 5 bulan atau lebih.

Kaki Bengkak Saat Hamil 9 Bulan

Ketika ibu sudah hamil tua, ada baiknya jika mulai mengurangi berjalan atau berdiri terlalu lama untuk mencegah kondisi pembengkakan kaki yang lebih parah. Hal ini dikarenakan berat badan ibu dan juga ukuran janin sudah cukup besar yang menyebabkan kaki harus bekerja lebih keras untuk menopang berat tubuh ibu. Menahan beban yang besar dalam waktu lama tentu saja menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil 9 bulan. Oleh karena itu istirahatkanlah kaki setiap kali ibu habis berdiri atau melakukan aktivitas ringan.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pembengkakan adalah, beristirahat dengan menempatkan kaki lebih tinggi dari posisi jantung. Hal ini untuk memudahkan aliran darah di pembuluh balik atau vena untuk kembali ke jantung tanpa harus tertahan dengan Rahim ibu yang semakin membesar. Gunakan tumpukan bantal agar kaki tetap merasa nyaman meskipun di letakkan di tempat yang lebih tinggi. Selain itu jika kaki sudah terasa pegal saat berdiri, segera duduk dan letakkan kaki di posisi lebih tinggi tersebut. Sebab pegal merupakan salah satu pertanda pembuluh darah mulai tertahan di kaki.

Ketika ibu ingin berolahraga ringan seperti berjalan kaki agar tetap sehat, gunakan sepatu atau sandal yang nyaman. Hindari penggunaan sepatu atau sandal yang terlalu mengikat kaki, dan gunakan 1 atau 2 nomor yang lebih besar dibandingkan ukuran sepatu saat kondisi normal. Sebab ketika hamil bisa jadi pembengkakan kaki sudah terjadi sehingga ukuran kaki menjadi membesar. Gunakan alas kaki dengan alas yang datar agar kaki terasa nyaman, dan simpan sepatu bertumit tinggi Anda sampai setelah selesai persalinan. Kurangi konsumsi garam yang dapat meningkatkan resiko tertahannya cairan di tubuh ibu dan meningkatkan resiko kaki bengkak saat hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro