‘Pembuahan Sel Telur Oleh Sel Sperma’ Proses penyebab Kehamilan

Kehamilan adalah fenomena alami yang menakjubkan mengingat pada kondisi tersebut telah terbentuknya satu nyawa baru yang berasal dari 1 sel ibu dan 1 sel ayah yang melebur bersama. Penyebab hamil adalah karena proses pembuahan sel telur yang matang pada wanita oleh sel sperma pada pria. Meskipun sperma dapat mencapai sel telur setelah suami istri melakukan coitus (penetrasi), namun apabila sel telur tidak dalam keadaan matang, pembuahan tidak akan terjadi. Kondisi sel telur yang matang dapat ditemui pada masa subur wanita.

Rata-rata volume air mani yang dikeluarkan seorang pria adalah 3 cc dan setiap cc-nya mengandung sekitar 100 juta hingga 120 juta sel sperma yang akan berkompetisi menuju sel telur bila dikeluarkan ke dalam saluran reproduksi wanita. Kondisi asam pada organ reproduksi wanita membuat tidak banyak sel sperma yang dapat bertahan, namun dari jutaan sel sperma yang dikeluarkan, hanya dibutuhkan satu sel untuk membuahi sebuah sel telur. Penyebab hamil adalah saat satu sel sperma tersebut berhasil mencapai sel telur matang.

Organ reproduksi wanita (sumber gambar : www.melakafertility.com)

penyebab kehamilan

Sel telur berada pada saluran bagian tuba fallopi (Fallopian tube), sehingga sel sperma harus melewati serangkaian jalur dari vagina hingga mencapai sel telur. Pada saat ovulasi (masa subur wanita), lendir pada bagian leher rahim (cervix) akan menjadi lebih cair sehingga memudahkan sel sperma untuk melewatinya. Apabila terjadi pembuahan, bagian kepala sel sperma akan menembus sel telur dan bersatu dengan inti sel telur. Bagian ekor sperma hanya akan membantu sel sperma untuk bergerak menuju sel telur.

Inti sel telur yang sudah dibuahi oleh satu sel sperma atau yang disebut zigot akan membelah menjadi dua bagian, kemudian akan membelah menjadi empat sel. 3 – 4 hari setelah pembuahan terjadi, sel akan mencapai bagian uterus. Sekitar 1 minggu setelah pembuahan, sudah terbentuk sejumlah sel yang disebut blastocyt. Selanjutnya, 5 hari kemudian blastocyt akan menempel pada bagian endometrium, pada tahap inilah implantasi terjadi.

Pada kondisi tidak ada pembuahan, endometrium akan meluruh dan kondisi ini dikenal dengan menstruasi. Sebaliknya, jika terjadi pembuahan atau pada masa kehamilan, endometrium tidak akan melebur namun akan digunakan sebagai tempat perlekatan janin. Pada masa kehamilan jumlah produksi kelenjar dan pembuluh-pembuluh darah pada endometrium akan meningkat. Ruang diantara pembuluh-pembuluh darah akan melebur dan menyatu membentuk plasenta yang akan menyuplai oksigen dan nutrisi pada embrio dan fetus. Plasenta juga menjadi tempat pertukaran gas-gas respirasi dan pembuangan limbah metabolisme embrio. Darah dari embrio akan mengalir menuju plasenta melalui arteri tali pusar dan kembali melalui vena pusat dan melewati hati embrio.

Penyebab kehamilan adalah pembuahan sel telur matang oleh sel sperma karenanya untuk mendapatkan kehamilan, hubungan seksual sebaiknya dilakukan pada masa subur wanita. Di dalam ovarium (ovary), terdapat sebuah kantung yang disebut folikel yang menyimpan sekelompok sel telur. Pada masa ovulasi, yaitu sekitar 12 hingga 16 hari setelah hari pertama menstruasi, satu dari sekelompok sel telur dalam folikel akan melepaskan diri karena telah matang.

Para ibu yang merencanakan kehamilan sebaiknya mengetahui informasi bagaimana kehamilan dapat terjadi.  Dengan mengenali penyebab hamil, kehamilan dapat direncanakan dengan lebih tepat dan mudah.

‘Pembuahan Sel Telur Oleh Sel Sperma’ Proses penyebab Kehamilan | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro