Nutrisi Yang Penting Untuk Kehamilan

Nutrisi adalah hal yang sangat penting untuk selalu diperhatikan selama menjalani masa kehamilan. Tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan ibu, nutrisi juga merupakan sumber bagi janin untuk dapat berkembang secara sempurna. Nutrisi-nutrisi yang diterima janin akan menentukan perkembangannya. Tidak terpenuhinya nutrisi ibu hamil dapat membahayakan janin karena bila tidak menerima nutrisi yang cukup, perkembangan janin juga akan terhambat dan menjadi tidak sempurna.

Masa awal kehamilan merupakan masa rentan terjadi keguguran sehingga memperhatikan nutrisi ibu hamil mudasangatlah penting dan membutuhkan perhatian khusus. Beberapa nutrisi berikut perlu dipenuhi selama masa kehamilan :

1. Karbohidrat, merupakan zat pembentuk energi. Bagi tubuh, energi dibutuhkan untuk melangsungkan berbagai proses di dalam tubuh dan untuk melakukan aktivitas. Karbohidrat dapat diperoleh dari nasi, roti, kentang, atau umbi-umbian. Menerima asupan karbohidrat yang cukup bermanfaat untuk memberikan energi bagi ibu selama menghadapi masa kehamilan dan mendukung pembentukan janin.

2. Protein, merupakan zat pembangun. Protein merupakan sumber yang membentuk seluruh bagian dalam tubuh manusia. Protein dapat diperoleh dari daging, telur, ikan dan kacang-kacangan.

3. Vitamin dan Mineral, merupakan zat pengatur yang bertugas menjaga berbagai proses dalam tubuh. Terdapat berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Secara garis besar, mereka berfungsi dalam menjaga metabolisme tetap berjalan dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Bagi janin, vitamin dan mineral berperan dalam pembentukan tubuh, misalnya vitamin D dan kalsium yang mendukung perkembangan tulang atau vitamin E dan zat besi yang mendukung pembentukan sel darah merah dan hemoglobin. Metabolisme pada ibu hamil akan berjalan lebih cepat sehingga kebutuhan mineral dan cairan juga akan semakin meningkat. Buah dan sayuran merupakan pilihan makanan yang dapat memberikan asupan vitamin dan mineral.

4. Asam folat, merupakan salah satu zat yang paling dibutuhkan pada masa kehamilan, karena tubuh tidak dapat memproduksinya secara alami di dalam tubuh, karenanya asupan makanan yang mengandung asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil. Asam folat berperan penting dalam pembentukan sel saraf dan dalam mencegah malformasi kongenital termasuk terjadinya neural tube defects yaitu suatu kondisi ketidaknormalan pada sistem saraf pusat selama perkembangan janin pada masa awal kehamilan yang terjadi sebagai akibat kegagalan pembentukan tulang belakang, tengkorak dan otak. Kekurangan asam folat juga dapat menyebabkan keguguran, terlebih masa awal kehamilan merupakan masa yang sangat rentan terjadi keguguran. Asam folat dapat diperoleh dari buah dan sayuran seperti bayam, labu siam, kembang kol dan brokoli, pisang, wortel, tomat, atau jeruk.

nutrisi ibu hamil

5. Omega-3, merupakan asam lemak tak jenuh yang memberikan nutrisi untuk perkembangan sel-sel di dalam tubuh. EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid) adalah omega-3 yang paling banyak manfaatnya. EPA akan mendukung perkembangan jantung, sistem kekebalan tubuh dan membentuk respon inflamasi sedangkan DHA akan menunjang fungsi otak, mata, dan sistem safat pusat. Omega-3 penting untuk menjaga keseimbangan prostaglandin yang berperan sebagai pengatur berbagai fungsi penting di dalam tubuh dan merupakan salah satu kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui yang sangat penting. Omega-3 dapat diperoleh dari minyak ikan dan produk-produk olahan seperti susu yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil dan menyusui.

Menjaga asupan nutrisi pada kondisi hamil dan menyusui sangat penting untuk dilakukan. Ibu yang ternutrisi dengan baik juga akan membuat bayi dan janin ternutrisi dengan baik pula. Kenali makanan yang dikonsumsi saat hamil, karena tidak semua makanan baik untuk kehamilan dan menyusui. Jagalah nutrisi ibu hamil tetap terpenuhi sehingga janin dapat selalu sehat berkembang dengan sempurna.

Nutrisi Yang Penting Untuk Kehamilan | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro