Merencanakan Kehamilan Melalui Program Hamil

Program hamil tentu saja merupakan serangkaian upaya yang ditujukan untuk memperoleh kondisi kehamilan bagi pasangan suami istri. Program ini biasanya menjadi pilihan pasangan keluarga yang belum menerima berita kehamilan dalam waktu yang cukup lama. Program hamil dapat dilakukan mengikuti instruksi dari dokter kandungan. Bila mengikuti program hamil dokter ibu dan suami harus siap menjalani beberapa tahap pemeriksaan.

Program hamil yang berasal dari dokter kandungan biasanya diawali dengan program hamil mandiri, namun bila tetap tidak membuahkan hasil, maka akan dilakukan beberapa pemeriksaan yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada kelainan atau masalah pada organ reproduksi ibu dan suami. Bila ditemukan adanya masalah, tentu saja akan dilakukan tindakan pengobatan. Tahapan pada program tersebut dilakukan secara bertingkat yang berarti bahwa apabila tahap I tidak membuahkan hasil, maka akan beranjak ke tahap ke II demikian pula selanjutnya. Beberapa tahap yang harus dijalani bila mengikuti program hamil dari dokter adalah :

programg cepat hamil

  1. Tahap I

Tahap pertama merupakan tahap program hamil mandiri. Selama 1-2 tahun, ibu akan memaksimalkan upaya kehamilan secara alami. Mengkonsumsi asam folat sebanyak 400mcg dapat membantu mencegah keguguran dan kondisi defisiensi asam folat dan tetap memberi asupan nutrisi bila kehamilan terjadi tanpa sepengetahuan ibu.

  1. Tahap II

Pada tahap ini dilakukan pemeriksaan ke dokter. Pemeriksaan awal biasanya dilakukan pada hari ke2 -3 menstruasi. Pemeriksaan berupa pemeriksaan USG untuk mengetahui kondisi rahim dan sel telur. Bila kondisinya bagus, dokter akan meresepkan asam folat dan vitamin E yang akan membantu menjaga kesehatan organ reproduksi.

  1. Tahap III

Pada tahap ini ibu akan diberikan obat yang berfungsi sebagai penyubur dengan memicu ovulasi (masa kesuburan). Tahap ini berlangsung sekitar 3 kali siklus menstruasi.

  1. Tahap IV

Pada tahap ini, pemberian obat penyubur akan dihentikan dan direkomendasikan untuk melakukan beberapa tes baik bagi ibu dan ayah. Tes dilakukan untuk melihat kondisi sperma dan saluran tuba, serta tes pap smear untuk melihat apakah ada kanker pada leher rahim. Masalah-masalah yang terjadi akan ditangani dan diobati.

  1. Tahap V

Apabila penanganan dan pengobatan tidak dapat memperbaiki kondisi, maka pada tahap ke V ini akan dilakukan inseminasi dimana sperma dengan kualitas bagus yang sudah dipilih akan dimasukkan sedekat mungkin pada sel telur dengan menggunakan alat. Persentasi keberhasilan pada tahap ini hanya sebesar 20%.

  1. Tahap VI

Bila terjadi penyumbatan pada saluran tuba yang tidak memungkinkan pembuahan oleh sperma yang sudah dipilh, maka pembuahan dilakukan di luar rahim dan dikenal dengan istilah bayi tabung.

Untuk mengikuti program hamil dari dokter, tentunya dibutuhkan biaya yang cukup tinggi. Sebagai pilihan alternatif, program hamil alami dapat dipilih untuk menyukseskan kehamilan. Beberapa hal yang harus diperhatikan bila melakukan program ini adalah :

  1. Menjaga kesehatan organ reproduksi

Untuk menjaga kesehatan organ reproduksi, ibu dan ayah dapat membiasakan diri hidup bersih untuk mencegah infeksi pada organ reproduksi.

  1. Menjaga kesuburan organ reproduksi

Menjaga kesuburan organ reproduksi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan seperti minyak zaitun, telur, sayur dan buah yang kaya vitamin E, makanan yang kaya asam folat seperti kacang-kacangan, bayam, jeruk, hati hewan.

  1. Bercinta dengan posisi yang tepat

Beberapa posisi bercinta dapat membuat penetrasi dilakukan lebih dalam sehingga memudahkan sperma mencapai sel telur dan melakukan pembuahan.

  1. Bercinta pada waktu yang tepat

Untuk menghasilkan kehamilan, pembuahan harus terjadi pada saat sel telur matang yaitu pada masa subur atau pada hari ke 12 – 16 sejak hari pertama menstruasi pada siklus menstruasi normal (28 – 30 hari).

Berbagai upaya mudah dapat dilakukan untuk menunjang kehamilan secara cepat dan aman. Program hamil yang dilakukan secara alami dapat menjadi pilihan awal saat merencanakan kehamilan. Menerapkan upaya-upaya dalam menjalani program hamil secara disiplin dan teratur adalah hal terbaik yang dapat dilakukan.

Merencanakan Kehamilan Melalui Program Hamil | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro