Menjaga tubuh Tetap Sehat Pada Masa Kehamilan

Kehamilan adalah moment spesial yang sangat ditunggu-tunggu, sehingga berbagai upaya akan dilakukan baik untuk mempercepat kehamilan hingga upaya-upaya untuk menjaga kehamilan. Berbagai tips hamil yang beredar tentu membantu ibu mempersiapkan dan menjalani kehamilan serta persalinan. Mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terkait kehamilan dapat membuat ibu merasa lebih siap untuk menjalani proses panjang masa kehamilan terlebih berbagai perubahan kondisi membuat ibu hamil rentan mengalami stress.

Menjaga kandungan tetap sehat adalah prioritas dalam kehamilan. Namun tidak hanya kesehatan janin yang harus diperhatikan, kesehatan ibu pun harus dijamin karena walau bagaimanapun kesehatan ibu akan sangat mempengaruhi kesehatan janin. Tips ibu hamil berikut ini akan membahas bagaimana ibu hamil dan janin tetap sehat selama melewati masa kehamilan. Menyimak tips ibu hamil sehat berikut ini tentu akan menambah informasi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin diantaranya :

  1. Rutin Memeriksakan Diri

Selalu mengontrol perkembangan janin sangatlah penting untuk dilakukan. Pemeriksakan kondisi kehamilan secara teratur, sehingga apabila terjadi masalah pada janin, dapat segera ditangani. Memeriksakan kehamilan secara teratur akan memberikan rasa aman bagi ibu selama melewati masa kehamilan yang berat.

tips hamil

  1. Memenuhi asupan nutrisi

Tidak hanya nutrisi ibu yang harus dipenuhi, tetapi juga nutrisi bagi janin. Karbohidrat, asam amino dan protein, lemak, vitamin dan mineral harus terpenuhi untuk mendukung kesempurnaan perkembangan janin. Mengkonsumsi suplemen asam folat juga penting, mengingat zat ini sangat penting untuk perkembangan saraf janin sementara tubuh tidak dapat memproduksinya secara alami.

  1. Memilih makanan yang aman

Berhati-hatilah dalam memilih makanan. Makanan-makanan yang aman dan sebelumnya tidak menimbulkan masalah apapun bisa saja menjadi berbahaya bagi janin. Pilihlah makanan-makanan matang dan hindari mengkonsumsi daging dan ikan mentah. Banyak bakteri yang terkandung pada makanan mentah. Meskipun aman bagi ibu, tetapi bakteri-bakteri tersebut berbahaya bagi janin. Jauhkah paparan bahan kimia dari janin. Pilihlah makanan-makanan yang alami dan segar.

  1. Konsumsi cukup air putih

Kondisi dehidrasi selalu menjadi kondisi berbahaya yang harus selalu dicegah. Pada masa kehamilan, kebutuhan tubuh akan cairan akan semakin meningkat. Mengkonsumsi cukup air putih akan membantu mencegah dehidrasi. Bila ibu memiliki riwayat penyakit jantung dan gangguan ginjal, konsultasikan dengan dokter terkait berapa volume air yang dapat dikonsumsi

  1. Relaksasi

Perubahan-perubahan hormon yang dialami ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kondisi psikologis ibu hamil. Ibu yang merasa tenang dan senang pada masa kehamilannya akan membentuk lingkungan yang sehat bagi janin, sebaliknya apabila ibu mengalami stress dan perasaan tertekan, lingkungan yang buruk juga akan terbentuk dan hal tersebut tidak baik bagi janin.

  1. Senam hamil

Senam hamil dapat dilakukan pada usia kehamilan 22 minggu atau lebih. Senam hamil tidak hanya membantu ibu mempersiapkan kehamilan tetapi juga dapat merelaksasi ibu dan memberikan rasa tenang menyambut persalinan.

Beberapa hal tersebut dapat dilakukan untuk menjaga agar ibu dan kandungan tetap sehat. Selalu perhatikan lingkungan dimana ibu berasa. Lingkungan yang bersih, aman dan nyaman secara tidak langsung akan mendukung kesempurnaan perkembangan janin. Semoga beberapa hal dalam tips hamil diatas dapat bermanfaat.

Menjaga tubuh Tetap Sehat Pada Masa Kehamilan | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro