Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi

Menjaga kesehatan ibu hamil memang cukup sulit untuk dilakukan terutama karena harus berjalan terus menerus selama 9 bulan hingga proses persalinan. Akan tetapi semua itu dapat dilakukan lebih mudah dengan cara mempersiapkan kehamilan yang sehat. Sebelum hamil, ada baiknya jika wanita usia subur sudah memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi dan meninggalkan pola hidup yang kurang sehat. Sehingga kelak nantinya jika telah hamil, tubuh ibu dan janin tidak mengalami kekurangan nutrisi sejak masa awal kehamilan.

Kesehatan Ibu Hamil Muda

Karena pada awal kehamilan biasanya muncul gangguan seperti mual dan muntah, maka pola makan yang sebaiknya di terapkan adalah porsi kecil tapi sering. Tentu saja dengan tetap memperhatikan keseimbangan kandungan nutrisi agar kesehatan ibu hamil muda senantiasa terjaga. Biasanya mual dan muntah terjadi di pagi hari saat bangun tidur. Untuk menghindari hal tersebut, jangan melakukan gerakan mendadak seperti bangun, berdiri atau duduk dari posisi tidur secara mendadak. Karena gerakan-gerakan tersebut dapat memicu timbulnya rasa mual.

kesehatan ibu hamil

Setelah bangun, konsumsi camilan kecil yang mengandung karbohidrat seperti krakers. Sebab rasa manis krakers dapat menetralkan asam lambung untuk mengurangi rasa mual. Setelah beberapa saat, mulailah dengan makanan yang lebih berat seperti nasi, sayur, ataupun daging. Tentunya dengan porsi yang sedikit agar perut tidak terasa sebal. Untuk mengisi perut antar waktu makan, manfaatkan buah sebagai camilan sehat sebab ibu juga membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi untuk kebutuhan janin.

Ibu Hamil Dan Bayi

Jangan lupa mengonsumsi daging ikan, terutama ikan laut yang kaya akan kandungan omega 3 seperti ikan kembung, salmon ataupun mackerel. Omega 3 sangat baik pada masa awal kehamilan karena pada masa tersebut perkembangan otak janin berlangsung sangat cepat dan omega 3 sangat bermanfaat untuk perkembangan otak bayi. Selain itu jangan lupa mengonsumsi kacang-kacangan seperti walnut dan kacang hijau yang kaya akan asam folat dan vitamin B untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Konsumsi kacang-kacangan juga dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh sehingga mengurangi rasa cepat lelah akibat energy yang dikeluarkan lebih besar dari kondisi normal.

Selain dari segi makanan, ibu hamil juga harus selalu menjaga konsumsi cairan seperti susu dan air putih. Kandungan susu terutama untuk ibu hamil sebagian besar telah di fortifikasi dengan berbagai kandungan gizi yang dapat mendukung pertumbuhan jaringan, otot hingga melancarkan suplai oksigen untuk janin. Selain itu kandungan kalsiumnya juga membantu memperkuat tulang ibu sehingga tidak mudah mengalami osteoporosis terutama karena beban yang lebih berat akibat sedang dalam kondisi mengandung dan juga memperkuat pertumbuhan tulang bayi. Dengan menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat diharapkan kesehatan ibu hamil dan janin dapat selalu terjaga hingga proses persalinan tiba.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro