Menjaga Kesehatan Fisik Ibu Yang Tengah Hamil Muda

Hamil muda adalah salah satu masa kehamilan paling rawan. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh ibu hamil muda karena tentu saja perasaan senang, bingung, cemas bercampur dengan kondisi mual dan muntah yang umum dijumpai di awal kehamilan sehingga kondisi fisik harus sangat diperhatikan. Ibu hamil muda sebaiknya mulai memperhatikan konsumsi makanan sehari-hari demi kesehatan ibu dan juga janin yang tengah dikandung. Karena intensitas mual dan muntah terutama terjadi pada usia awal kehamilan ini, maka sebaiknya pola makan ibu hamil di atur dengan format porsi kecil tapi sering. Namun Bagi anda yang belum juga di karunia momongan di usia pernikahan yang sudah berjalan terlalu lama dapat membaca artikel artikel tips supaya cepat hamil.

ibu hamil muda

Hal ini untuk mengurangi rasa sebal pada perut dan juga menurunkan resiko muntah terlalu sering agar tidak menurunkan kondisi kesehatan ibu. Kemudian hindari makanan seperti ikan dan daging yang dimasak dalam kondisi mentah atau setengah matang karena dikhawatirkan masih mengandung parasit yang berbahaya untuk ibu dan janin. Cara lain yang dapat dilakukan agar badan tetap fit dan sehat saat masa awal kehamilan adalah dengan melakukan olahraga ringan.

Cara ini sangat bermanfaat untuk dilakukan bahkan hingga masa kehamilan sudah mendekati waktu persalinan. Olahraga tersebut antara lain berjalan kaki secara ringan terutama di pagi hari sembari menghirup udara segar dan menikmati sinar matahari pagi yang kaya akan vitamin D. Selain itu, ibu hamil muda boleh berenang karena dipercaya dapat membantu untuk relaksasi dan memperlancar proses melahirkan kelak. Agar tidak terjadi kesalahan gerakan ataupun untuk menambah manfaat yang didapat dari berolahraga ringan, sebaiknya ibu didampingi dengan intsruktur atau pelatih yang berpengalaman untuk olahraga ibu hamil.

Hindari aktivitas yang berlebihan. Karena walaupun usia kandungan masih muda, namun ibu juga akan cepat merasa lelah karena energi yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan saat kondisi normal karena untuk memenuhi kebutuhan ibu sekaligus janin. Jika tiba-tiba muncul spot atau bercak darah, segera hubungi dokter kandungan dan beristirahatlah untuk menurunkan resiko keguguran. Jika ingin bepergian, ibu hamil muda masih diperbolehkan naik pesawat dan diizinkan oleh berbagai maskapai penerbangan dan juga dokter kandungan selagi kondisi fisik ibu sehat. Akan tetapi sebaiknya duduk di kursi yang dekat dengan pantauan pramugari sehingga jika terjadi kondisi darurat maka akan cepat mendapat pertolongan. Selain pesawat, jika ingin bepergian ke luar kota sebaiknya gunakan kendaraan pribadi seperti mobil agar ibu merasa nyaman di perjalanan dan dapat berubah-ubah posisi tempat duduk untuk memperlancar aliran darah.

Selain memperhatikan pola makan, olahraga ringan serta aktivitas fisik yang tidak terlalu berat, kebiasaan dan pola hidup sehari-hari yang berbahaya sebaiknya dihindari selama masa kehamilan hingga melahirkan dengan selamat. Diantaranya jika ibu memiliki kebiasaan merokok atau minum alkohol, sebab kandungan dari rokok dan alkohol sangat berbahaya untuk perkembangan janin dan dapat menghambat proses penyerapan zat gizi yang dibutuhkan baik oleh ibu dan juga bayi. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil muda benar-benar menerapkan pola hidup sehat dan berlangsung selama 9 bulan masa kehamilannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro