Mengkonsumsi Susu Kedelai Pada Masa Kehamilan

Kedelai merupakan sumber utama protein nabati. Banyak produk yang dikembangkan dengan menggunakan kedelai sebagai dasarnya. Susu kedelai adalah salah satu produk olahan kedelai selain tahu, tempe atau kecap yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Susu kedelai seringkali menjadi alternatif pengganti susu sapi pada kondisi intoleransi terhadap laktosa. Berbagai kandungan bermanfaat di dalamnya membuat ibu hamil dan janin tetap dapat ternutrisidengan mengkonsumsinya. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dapat menjaga kesehatan ibu dan membantu perkembangan janin.

Susu kedelai tidak mengandung laktosa, yaitu komponen yang dapat menimbulkan beberapa masalah pencernaan pada penderita intoleransi, sehingga susu kedelai aman diminum bagi siapa saja. Manfaat susu kedelai dan kehamilan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena berbagai kandungan pada susu kedelai jelas memiliki manfaat bagi ibu hamil. Berikut adalah beberapa manfaatnya.

1. Sebagai sumber asam folat

Asam folat merupakan salah satu senyawa yang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan. Karena tubuh tidak dapat memproduksi asam folat, ibu hamil dapat memperolehnya dari makanan yang dikonsumsi. Asam folat berperan penting dalam mencegah malformasi kongenital termasuk terjadinya neural tube defects yaitu suatu kondisi ketidaknormalan pada sistem saraf pusat selama perkembangan janin pada masa awal kehamilan yang terjadi sebagai akibat kegagalan pembentukan tulang belakang, tengkorak dan otak. Kekurangan asam folat juga dapat menyebabkan keguguran.

2. Kaya asam amino

Asam amino sangat dibutuhkan selama kehamilan karena merupakan bahan dasar perkembangan janin. 40% penyusun kedelai adalah protein, dan sampai saat ini belum ditemukan bahan makanan lain dengan kandungan asam amino sebanyak yang dimiliki kedelai. Susu kedelai mengandung hampir semua asam-asam amino esensial yang juga diproduksi secara alami di dalam tubuh. Asam amino merupakan komponen penyusun protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

3. Kaya serat

Makanan berserat akan sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena melambatnya sistem pencernaan yang terjadi pada kehamilan menimbulkan konstipasi. Mengkonsumsi susu kedelai dapat meningkatkan asupan serat dan mengatasi permasalahan tersebut.

4. Tidak mengandung kolesterol

Kelebihan lain dari susu kedelai adalah tidak adanya kolesterol. Kemampuan lainnya adalah menurunkan kadar LDL dalam darah karena kandungan lemak nabati pada susu kedelai. LDL adalah lemak jahat yang dapat menimbulkan berbagai penyakit. LDL akan menempel pada pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan atau stroke. Peredaran darah yang lancar akan memperlancar asupan nutrisi bagi ibu hamil dan janin.

5. Susu kedelai juga mengandung kalsium

Susu kedelai memang memiliki kandungan kalsium yang lebih rendah dibandingkan pada susu sapi, namun beberapa merk susu kedelai untuk ibu hamil telah diperkaya dengan kandungan kalsium, bahkan lebih tinggi dibandingkan pada susu sapi. Baca label pada kemasan susu kedelai untuk mengetahui komposisinya.

6. Kaya vitamin

Susu kedelai mengandung vitamin A, B1,B2,B3,B5, B6 dan vitamin C. Kandungan vitamin-vitamin tersebut akan menjaga kondisi tubuh ibu hamil tetap sehat dan bugar.

Banyak manfaat yang ditawarkan dengan mengkonsumsi susu kedelai selama masa kehamilan. Susu kedelai dapat menjadi pilihan untuk mengganti susu sapi tanpa kekurangan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dapat membantu perkembangan janin secara sempurna dan menjaga ibu tetap sehat.

baca juga artikel terkaitĀ  makanan sehat ibu hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro