Mengkonsumsi Air Kelapa Selama Kehamilan

Air kelapa terkenal sebagai minuman favorit yang menyegarkan bila diminum saat cuaca panas. Tidak hanya itu, berbagai kandungan nutrisi pada air kelapa juga baik untuk kesehatan. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil tentu saja berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Air kelapa kaya akan elektrolit, serat, vitamin C dan A serta kalsium dan tidak mengandung kolesterol. Kombinasi kandungan tersebut dan nutrisi lainnya dapat menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi pada masa kehamilan.

Air kelapa terutama air kelapa ijo telah menjadi pilihan favorit untuk dikonsumsi dibandingkan air kelapa lainnya. Wanita hamil juga dapat mengkonsumsi dan memperoleh manfaatnya. Berikut beberapa manfaat air kelapa ijo untuk ibu hamil:

  1. Mencegah dehidrasi

Air kelapa ijo kaya akan kandungan elektrolit potasium, magnesium, klorida, kalium, protein dan kandungan gula, sehingga dapat mencegah dehidrasi. Secara normal, wanita hamil akan lebih mudah mengalami dehidrasi dan kehausan. Mengkonsumsi air kelapa ijo dapat memenuhi kebutuhan elektrolit dan cairan dalam tubuh. Dehidrasi dapat menjadi berbahaya bila dialami wanita hamil karena akan mempengaruhi nutrisi janin.

  1. Menjaga nilai kolesterol tetap normal

Air kelapa ijo tidak mengandung kolesterol. Mengkonsumsinya justru akan meningkatkan kadar HDL dalam tubuh. HDL adalah lemak baik yang akan membantu menjaga kadar kolesterol tubuh tetap dalam nilai normal.

  1. Memperlancar aliran darah

Kandungan vitamin C dan protein-protein esensial akan membantu mempercepat aliran darah. Darah akan membawa nutrisi-nutrisi dari tubuh ibu dan calon ibu dan menyalurkannya kepada janin.

  1. Membantu mengatasi konstipasi

Sistem saluran pencernaan yang melambat pada kondisi kehamilan akan menyebabkan timbulnya konstipasi. Air kelapa ijo kaya akan serat yang akan mengatasi kondisi tersebut pada wanita hamil dan membantu membersihkan saluran pencernaan.

  1. Detoksifikasi dan membunuh virus dan bakteri

Air kelapa ijo terkenal akan manfaatnya dalam menetralisir racun. Selain itu, kandungan asam laurat akan berperan sebagai antiviral monogliserida yang akan membunuh virus dan bakteri.

manfaat air kelapa muda

Selain air kelapa ijo, air kelapa muda juga menjadi favorit masyarakat. Rasanya lebih manis karena memiliki kadar gula yang lebih tinggi. Wanita hamil seringkali merasa was-was untuk mengkonsumsi air kelapa muda karena takut akan mengalami keguguran. Penelitian menunjukkan tidak ada korelasi antara mengkonsumsi air kelapa muda dengan terjadinya keguguran pada kehamilan. Manfaat air kelapa muda ditunjukkan pada beberapa penelitian yang mengemukakan bahwa kandungan pada air kelapa muda dapat menjaga kebersihan air ketuban sehingga membantu menjaga kehamilan.

Manfaat lainnya tampak pada kemampuannya mengurangi nilai lemak pada tubuh. Mengkonsumsinya disarankan untuk mengurangi lemak yang menempel pada kulit bayi saat dilahirkan. Seperti air kelapa lainnya, air kelapa muda dapat meningkatkan kadar HDL yang akan menjaga kolesterol tetap normal di dalam tubuh. Kandungan elektrolit yang tinggi pada air kelapa muda juga membantu menyeimbangkan kondisi cairan tubuh wanita hamil.

Air kelapa muda terkenal pula akan manfaatnya sebagai diuretik alami. Mengkonsumsinya dapat membantu memperlancar proses pembentukan urine dan membuangnya secara teratur sehingga mencegah infeksi pada saluran kemih. Berbagai bentuk infeksi, baik infeksi ringan sekalipun akan dapat berdampak buruk bagi janin.

Air kelapa tidak hanya ampuh mengatasi kehausan tetapi juga dapat menjadi salah satu pilihan minuman sehat untuk ibu hamil. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil dapat membantu menjaga kehamilan dan mempertahankan kondisi ibu dan calon ibu tetap sehat dan segar.

 

Mengkonsumsi Air Kelapa Selama Kehamilan | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro