Mengetahui Hubungan Antara Makanan dan Kehamilan

Mungkin banyak yang tidak percaya terhadap khasiat makanan agar cepat hamil. Kenyataannya, gaya hidup sehat dengan pola makan yang sesuai dengan anjuran dokter dan ahli gizi mampu meningkatkan kemungkinan ibu mengalami kehamilan dalam waktu singkat. Sebab, kandungan gizi dari berbagai jenis makanan mempunyai korelasi positif terhadap tingkat kesuburan. Konsumsi makanan terkait sistem reproduksi ini sebaiknya dilakukan baik oleh suami maupun istri agar fertilitas masing-masing juga ikut meningkat.

Berbagai pilihan makanan agar cepat hamil secara alami antara lain yang mengandung asam folat tinggi. Contohnya kedelai, telur, kentang, pisang, brokoli dan lain-lain. Asam folat sangat dibutuhkan oleh wanita usia subur yang sudah menikah untuk untuk meningkatkan produksi sel telur sehingga lebih mudah hamil. Selain itu, konsumsi buah0buahan dan syur segar tinggi antioksidan untuk melindungi sel-sel reproduksi. Ciri buah dan sayur yang tinggi antioksidan adalah yang memiliki warna cerah seperti tomat, jeruk, brokoli, sawi hijau, strawberry, kacang merah dan lain-lain.

makanan ibu hamil

Tidak hanya bagi sang istri, makanan-makanan bergizi tersebut juga bermanfaat untuk dikonsumsi suami. Diantaranya susu dan tauge yang dipercaya mampu meningkatkan hormon kesuburan dan juga kualitas sperma. Selain dapat meningkatkan kemungkinan pembuahan sel telur, makanan bergizi juga dapat memperlancar siklus menstruasi sehingga masa subur istri dapat ditentukan dengan tepat.

Selain makanan yang sebaiknya dikonsumsi lebih banyak dari seharusnya jika ingin cepat hamil, ada juga pantangan makanan agar cepat hamil. Artinya makanan jenis ini dapat mengurangi kemungkinan seseorang hamil karena menurunkan kualitas sistem reproduksi dan menurunkan tingkat kesuburan. Diantaranya makanan instan dan makanan kaleng karena mengandung berbagai bahan kimia yang kurang baik bagi kesehatan baik pria maupun wanita. Selain itu kurangi minuman bersoda, minuman yang mengandung gula terlalu tinggi serta masakan yang dikonsumsi mentah seperti sushi ataupun steak setengah matang. Sebab daging atau ikan yang belum masak benar memiliki resiko tinggi mengandung bakteri Salmonella yang tidak baik bagi kesehatan sistem reproduksi.

Akan tetapi, tentu saja ada berbagai faktor lain yang dapat mempengaruhi kejadian kehamilan pada wanita. Meskipun sudah menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi, faktor pendukung lain tidak boleh dilupakan agar khasiat makanan tersebut dapat memberikan efek sesuai dengan yang diinginkan. Diantaranya jika masih mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, keputihan, ataupun nyeri berlebihan saat haid, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter kandungan atau bidan pilihan Anda untuk konsultasi lebih lanjut. Bisa jadi terdapat kondisi klinis yang membuat Anda sulit hamil meskipun sudah rajin mengonsumsi makanan agar cepat hamil.

Mengetahui Hubungan Antara Makanan dan Kehamilan | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro