Mengenali Tanda-Tanda Kehamilan

Berbagai tanda kehamilan yang sudah banyak dikenal masyarakat. Salah satu tandanya yaitu keterlambatan siklus menstruasi. Namun sebenarnya banyak tanda-tanda yang dapat dikenali sebagai tanda hamil muda. Beberapa orang yang tidak mengenal tanda-tanda tersebut justru menganggap tidak terjadi ada-apa pada dirinya sehingga tidak menjaga kondisi padahal kehamilan sedang terjadi.

Bila sedang menjalankan program hamil, alangkah lebih baik bila ibu membekali diri dengan informasi-informasi seputar kehamilan termasuk informasi tanda orang hamil. Berikut adalah ciri-ciri awal kehamilan yang dapat membantu ibu mengenali kondisi kehamilan :

  1. Keterlambatan siklus menstruasi

Menstruasi terjadi karena sel telur yang matang tidak dibuahi sehingga akan dikeluarkan dari tubuh dalam kondisi yang disebut menstruasi. Karenanya, bila sel telur yang matang dibuahi oleh sebuah sel sperma, tidak akan terjadi menstruasi karena tidak ada sel telur yang perlu dikeluarkan.

  1. Perdarahan atau bercak darah

Perdarahan atau bercak darah timbul karena adanya implantation bleeding. Perdarahan pada proses penempelan blastocyt pada bagian dinding rahim tersebut muncul pada minggu pertama kehamilan. Perdarahan memunculkan tanda bercak-bercak darah seperti saat mengalami menstruasi hanya saja dalam jumlah kecil. Perdarahan umumnya disertai nyeri dan kram perut.

  1. Perubahan payudara

Adanya perubahan hormon pada kehamilan membuat payudara akan terada lebih sensitif bila tersentuh dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Bentuk dan ukuran payudara juga akan membesar dan terasa lebih lembut dan empuk. Beberapa ibu merasakan gatal dan puting mulai membengkak.

  1. Mual dan muntah

Selain menimbulkan perubahan pada payudara, perubahan hormon pada kehamilan juga menyebabkan ibu mengalami morning sickness yang ditandai dengan gejala mual dan muntah yang dapat memburuk pada pagi hari.

tanda tanda kehamilan

Tanda-tanda tersebut dapat dikenali sebagai tanda-tanda kehamilan. Lakukan pengecekan untuk memastikan apakah kehamilan benar-benar terjadi. Tanda pasti hamil yang dapat dikenali salah satunya adalah dengan melihat hasil pada tes-tes valid untuk membuktikan adanya kehamilan. Menggunakan tes paskdapat membantu meyakinkan apakah ibu benar-benar sedang hamil. Beberapa merk tes pack dapat digunakan 24 jam setelah menjalani coitus (penetrasi), dan beberapa merk lainnya baru dapat digunakan dan memberikan hasil valid bila digunakan 1 minggu setelah coitus. Tes pack bekerja dengan melihat hormon tertentu yang akan disekresi pada masa kehamilan. Hormon tersebut akan dieksresikan melalui urine, karenanya pengetesan dengan menggunakan tes pack sebaiknya dilakukan dengan menggunakan urine pertama di pagi hari. Bacalah terlebih dahulu instruksi penggunaan pada kemasan dan bagaimana membaca hasilnya.

Pemeriksaan lain yang dapat dilakukan untuk memastikan kehamilan adalah dengan melakukan pemeriksaan dengan USG. Cara ini akurat dan dapat dilakukan 1 minggu setelah melakukan coitus. Dengan pengecekan ini, dapat dilihat apakah terdapat janin pada rahim.

Tanda-tanda kehamilan sebaiknya dikenali oleh ibu atau istri yang merencanakan kehamilan. Dengan mengenali tanda-tandanya, penanganan kondisi yang lebih baik dapat diterapkan untuk menjaga kehamilan. Berbagai tanda hamil muda dapat dikenali dengan mudah.

Mengenali Tanda-Tanda Kehamilan | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro