Mengenal Penyebab Mual Pada Saat Hamil

Mual saat hamil adalah kondisi yang normal. Mual adalah salah satu gejala morning sickness yang sering dialami oleh ibu hamil. Gejala mual dan muntah yang dialami akan semakin parah pada pagi hari. Bahkan mual tidak hanya terjadi pada pagi hari, tetapi tetap ada hingga siang dan sepanjang hari. Umumnya, 75% wanita hamil pada trimester pertama akan mengalami kondisi tersebut. 50% diantaranya mengalani mual dan muntah, dan 50% lainnya hanya mengalami salah satu kondisi.

Banyak wanita yang baru menghadapi masa kehamilan tidak mengetahui rasa mual saat hamil terjadi kapan momennya. Kondisi tersebut umumnya akan mulai pada minggu ke-6 pada masa kehamilan, namun beberapa ibu hamil juga dapat mengalaminya pada minggu ke-4, dan akan semakin buruk di setiap bulannya. Setiap wanita hamil dapat mengalami keparahan kondisi yang berbeda-beda satu sama lain

Perubahan keseimbangan hormon dipercaya menjadi alasan utama timbulnya rasa mual pada masa kehamilan. Beberapa hormon yang menyebabkan rasa mual adalah human chorionic gonadotropin (hCG) ,estrogen dan progesteron. hCG merupakan hormon yang jumlahnya akan meningkat secara cepat pada masa awal kehamilan. Tidak banyak penelitian yang menjelaskan bagaimana hormon ini dapat menimbulkan rasa mual. Satu-satunya kesimpulan yang diperoleh adalah saat seorang ibu hamil merasa mual, hal tersebut akan diikuti dengan peningkatan level hCG. Hal ini menjelaskankapan terjadinya mual saat hamil.

mual pada saat hamil muda

Hormon lain yang berpengaruh adalah estrogen dan progesteron. Estrogen dapat meningkat 100 kali lipat lebih tinggi pada masa kehamilan dibandingkan dengan level estrogen pada wanita yang tidak sedang hamil. Ketika satu hormon mengalami peningkatan, sangat mungkin akan terjadi peningkatan pula pada hormon-hormon lainnya. Hormon progesteron juga akan mengalami peningkatan dan akan merelaksasi otot rahim untuk mencegah kelahiran yang prematur. Pada saat yang sama progesteron juga akan merelaksasi lambung dan usus, dan menyebabkan peningkatan asam lambung yang menyebabkan rasa mual.

Penyebab lainnya adalah karena meningkatnya sensitifitas indra penciuman. Sesuatu yang beraroma biasa bisa saja menimbulkan rasa mual bila tercium oleh ibu hamil. Aroma yang tidak menyenangkan tentu saja akan menimbulkan rasa mual yang dapat memperparah kondisi morning sickness.

Satu lagi penyebab timbulnya rasa mual pada masa kehamilan adalah stress. Perubahan kondisi yang terjadi pada waktu yang lama, serta perubahan level hormon-hormon pada tubuh membuat wanita hamil rentan mengalami stress. Kondisi tersebut dapat dengan cepat meningkatkan level asam lambung dan menjadi sumber rasa mual. Peningkatan asam lambung karena stress dan karena hormon progesteron dapat memicu timbulnya gejala-gejala GERD (gastroesophageal reflux disease) yaitu suatu kondisi dimana asam lambung yang terlalu tinggi mendesak hingga ke esofagus. Menenangkan diri dan menghindari stress adalah salah satu cara mencegah rasa mual yang semakin memburuk.

Timbulnya rasa mual pada masa kehamilan adalah kondisi yang normal. Namun, ibu hamil tetap harus menghadapinya secara bijaksana. Jangan lewatkan waktu makan meski rasa mual terasa mengganggu karena walau bagaimanapun janin membutuhkan asupan nutrisi yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil. Selain itu banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa mual saat hamil.

Mengenal Penyebab Mual Pada Saat Hamil | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro