Mengenal Gejala dan Ciri-ciri Hamil Anggur

Untuk mendeteksi sebuah kehamilan merupakan kehamilan normal atau hamil anggur, diperlukan pengetahuan yang cukup mengenai ciri-ciri hamil anggur. Hamil anggur merupakan sebuah kehamilan abnormal dimana janin mengalami kegagalan tumbuh di dalam rahim ibu. Janin tidak mengalami perkembangan sama sekali atau berhenti berkembang. Di dalam rahim ibu terbentuk butiran-butiran berisi cairan yang mirip dengan buah anggur, itulah mengapa kondisi hamil yang demikian disebut dengan hamil anggur. Kehamilan yang menyerupai anggur di dalam rahim ibu ini memicu terjadinya pendarahan dan hal ini dapat dideteksi melalui USG. Awalnya kehamilan ini tampak normal karena hasil tespack pun akan menunjukkan tanda-tanda kehamilan normal dimana ada dua garis merah tergambar pada tespack tersebut. Namun seiring dengan perkembangan waktu, janin yang ada dalam kandungan tidak berkembang secara normal.

Ciri gejala hamil anggur yang paling sering terjadi adalah terjadinya pendarahan, dimana saat pendarahan tersebut terjadi keluar cairan berbentuk bulat seperti buah anggur. Pendarahan ini juga digantikan dengan keluarnya keputihan yang berbentuk seperti jaringan yang mirip dengan buah anggur. Selain itu ibu hamil akan mengalami mual dan muntah yang berlebihan. Pada wanita hamil biasa, mual dan muntah adalah hal yang wajar, namun dalam kasus ini mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil frekuensinya lebih tinggi. Ibu hamil yang mengalami kehamilan anggur juga akan sering merasa gugup disertai denyut jantung yang meningkat dari biasanya. Gejala ini disebut dengan hipertiroidisme.

ciri ciri hamil anggur

Tidak merasakan gerakan janin sama sekali juga merupakan ciri-ciri orang hamil anggur. Hal ini terjadi karena memang tidak ada janin yang hidup dan berkembang di dalam rahim ibu. Perut ibu hamil penderita kelainan ini juga akan lebih besar dari umur kehamilan yang seharusnya. Perut yang membesar itu disertai peningkatan dan perkembangan rahim yang jauh diatas normal. Dalam hal ini rahimlah yang mengalami pembengkakan, bukan janin yang ada di dalamnya. Ciri yang lain adalah panggul ibu hamil terasa sangat tidak nyaman, tidak seperti ibu hamil lain yang tidak mengalami gangguan pada panggul.

Selain itu hamil anggur juga dapat dideteksi dengan pemeriksaan USG, dengan pemeriksaan ini hasilnya lebih akurat. Sebaiknya ibu hamil yang mengalami ciri-ciri hamil anggur segera memeriksakan kandungan ke dokter agar dapat ditindaklanjuti dengan cepat dan tepat. Jika terlambat diatasi, kemungkinan buruk akan lebih mungkin terjadi. Bisa saja kehamilan anggur tersebut berubah menjadi tumor ganas karena sebenarnya gelembung air pada rahim ersebut adalah tumor yang masih jinak. Pleh karena itu penting bagi ibu hamil untuk mengetahui ciri-ciri hamil anggur agar dapat waspada pada kehamilannya, dan bertindak tepat jika kehamilannya merupakan hamil anggur.

Mengenal Gejala dan Ciri-ciri Hamil Anggur | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro