Manfaat Tidur Tanpa Busana Bagi Wanita Hamil

Kesehatan wanita hamil harus selalu diperhatikan karena akan menunjang janin yang berkembang secara sehat pula. Berbagai aktivitas dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar selama melewati masa kehamilan. Terlebih lagi, perubahan hormon akan membuat ibu hamil rentan mengalami stress dan merasa tertekan sehingga kegiatan-kegiatan yang dapat merelaksasi tubuh dan membuatnya nyaman sangat penting untuk dilakukan.

Melakukan kegiatan-kegiatan selama hamil seringkali menimbulkan rasa lelah apalagi kehamilan akan membuat ibu lebih cepat merasa capek. Pada kondisi tersebut, ibu akan memilih aktivitas tidur untuk dapat menghilangkan rasa lelah tersebut. Ternyata, sebuah cara yang unik namun kurang familiar bagi masyarakat dapat menunjang kualitas hidup. Cara ini juga sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak energi, yaitu tidur tanpa mengenakan busana.

wanita hamil

Tidur tanpa mengenakan busana ternyata memberikan banyak manfaat. Tidak hanya bagi wanita normal, manfaat-manfaat tersebut juga dapat diterima oleh tubuh wanita hamil tanpa busana. Beberapa manfaat tersebut diantaranya :

  • Menurunkan jumlah kortisol.

Kortisol adalah senyawa yang dapat mengganggu kualitas tidur. Kondisi dingin pada tubuh akan menurunkan sekresi kortisol dan membuat tidur lebih nyaman karena tidak ada gangguan.

  • Meningkatkan penyerapan nutrisi.

Dengan melepaskan semua pakaian yang melekat, kulit wanita hamil tanpa pakaian akan lebih mudah menyerap nutrisi-nutrisi serta meningkatkan metabolisme. Kondisi tersebut juga dapat membuat kulit ibu hamil tetap halus. Disamping itu, ibu hamil seringkali menyiasati tubuh besarnya dengan menggunakan pakaian yang tepat agar tetap terlihat sempurna. Secara psikologis, dengan melepaskan pakaian, ibu hamil akan  dapat lebih menghargai bentuk tubuhnya.

  • Meningkatkan pelepasan hormon

Kondisi tidur tanpa busana akan membantu melepaskan hormon-hormon yang berperan dalam meningkatkan kesehatan tubuh seperti menurunkan resiko diabetes dan penyakit jantung, memperbaiki jaringan, membentuk otot dan meningkatkan sistem imunitas. Berbagai perubahan kondisi yang dialami ibu hamil membuatnya rentan terkena penyakit, sehingga melakukan upaya untuk meningkatkan sistem imunitasnya merupakan pilihan yang baik.

  • Meningkatkan pelepasan oksitosin

Bila ibu hamil tidur bersama suami dalam keadaan tanpa busana, kontak antar kulit akan membantu pelepasan hormon oksitosin. Hormon ini akan menimbulkan perasaan bahagia dan kepuasan serta menurunkan kecemasan. Pelepasan oksitosin juga dapat memberikan lingkungan yang baik bagi janin.

  • Menghangatkan tubuh

Pendapat bahwa tubuh akan merasa kedinginan bila tidur dalam kondisi tanpa busana ternyata kurang tepat karena tidur tanpa mengenakan busana justru akan membuat tubuh merasa lebih hangat dan dapat memberikan kenyamanan. Kenyamanan bagi ibu hamil juga merupakan hal yang penting. Kondisi yang nyaman dapat memberikan energi positif bagi janin.

Manfaat-manfaat tersebut ternyata dapat diterima tubuh bila tidur tanpa mengenakan busana. Meningkatkan kualitas tidur adalah salah satu cara tepat untuk meningkatkan kualitas hidup. Jika tidur tanpa mengenakan pakaian memang baik untuk kesehatan, kenapa tidak mencoba menerapkannya? Karena sehat, mudah dan menyenangkan, tidur tanpa pakaiana dapat direkomendasikan untuk dilakukan wanita hamil selama masa kehamilannya.

 

Manfaat Tidur Tanpa Busana Bagi Wanita Hamil | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro