Manfaat Musik Klasik untuk Ibu Hamil dan Janin

Ada banyak pilihan lagu klasik untuk ibu hamil yang dapat didengarkan secara teratur, mulai dari komposisi Mozart, Beethoven, Bach, dan lain sebagainya. Lagu-lagu tersebut mempunyai tempo yang tenang dan beraturan sehingga dapat membuat ibu merasa tenang dan rileks. Tak hanya itu, musik klasik mempunyai banyak efek positif baik untuk ibu dan juga bayi yang tengah dalam kandungan. Walaupun bayi belum dilahirkan, namun suara di luar kandungan sudah dapat dirasakan oleh janin. Menurut beberapa penelitian, hal tersebut dapat melatih prinsip terkait persepsi dan penalaran dasar.

Manfaat lagu klasik untuk ibu hamil dan bayi yang lainnya yaitu dapat meningkatkan kemampuan komunikasi yang berguna bagi masa depan bayi. Sebab saat masih di dalam perut ibu, satu-satunya alat komunikasi yang dapat digunakan oleh bayi hanyalah pendengaran. Oleh karena itu mendengarkan musik klasik dapat menjadi acuan untuk mendapatkan informasi. Selain itu, irama tenang pada musik klasik sangat mirip dengan irama detak jantung sang ibu. Dengan mendengarkan musik klasik secara teratur, bayi akan bergerak lebih aktif sesuai dengan irama yang didengarkan secara berulang-ulang. Tidak hanya saat dalam kandungan, aktif bergerak tersebut akan berlangusng hingga kelak bayi sudah dilahirkan.

Musik Klasik untuk Ibu Hamil

Tidak hanya bermanfaat bagi perkembangan motorik dan komunikasi bayi, masih banyak manfaat lain yang didapatkan dengan mendengarkan nada komposisi musik klasik. Lagu klasik mampu menghilangkan stress pada ibu yang biasanya muncul pada masa-masa kehamilan. Contohnya rasa cemas, terlalu mudah lelah, depresi, perubahan fisik dapat membuat ibu mengalami perubahan mental dan mengarah pada stress. Sedangkan beban pikiran yang berlebihan dapat memberikan efek negatif pada kesehatan ibu dan juga janin yang tengah dikandung. Oleh karena itu mendengarkan simfoni klasik yang tenang dapat membantu menenangkan pikiran dan membuat ibu menjadi lebih rileks dan beristirahat dengan efektif.

Mungkin alasan yang paling banyak diutarakan orang terkait lagu klasik untuk ibu hamil adalah agar kecerdasan bayi meningkat dan lahir dalam kondisi IQ tinggi. Akan tetapi menurut salah seorang ahli psikologi, ada baiknya jika ibu hamil mendengarkan musik bukan untuk melahirkan bayi yang jenius, akan tetapi karena ibu hamil memang menikmati musik tersebut. Apapun jenis musiknya jika ibu menikmati dan merasa rileks saat mendengarkannya, maka akan memberikan pengaruh tidak langsung pada janin yaitu rasa aman dan nyaman. Oleh sebab itu, jenis musik dengan genre lain bebas dipilih oleh ibu selama bisa membuat ibu jauh dari stress akibat perubahan hormon selama kehamilan. Lagu klasik untuk ibu hamil bukanlah sebuah kewajiban melainkan sebuah pilihan jika ibu menginginkan suasana tenang dan rileks.

Manfaat Musik Klasik untuk Ibu Hamil dan Janin | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro