Manfaat Musik Klasik Untuk Bayi dan Ibu Hamil

Memperdengarkan musik klasik untuk ibu hamil dipercaya dapat mengembangkan dan meningkatkan kecerdasan bayi. Beberapa penelitian memperdebatkan hal itu karena belum ada bukti yang secara pasti menunjukkan korelasi antara musik dan kecerdasan bayi. Beberapa peneliti mengkhawatirkan adanya simulasi yang terlalu dini bagi janin akan merusak beberapa fungsi karena janin dianggap belum siap menerimanya. Beberapa penelitian lain menyatakan bahwa memperdengarkan musik justru akan menstimulasi perkembangan indra pendengaran pada janin.

Pendapat yang banyak muncul terkait dengan memperdengarkan musik klasik untuk ibu hamil dan bayi adalah karena musik memberikan efek menenangkan yang secara emosional akan membuat ibu hamil dan bayi menjadi lebih tenang. Kondisi psikis ibu hamil akan mempengaruhi kehamilan dan dapat menunjang kesempurnaan perkembangan janin, sehingga turut serta meningkatkan kecerdasan janin. Saat ibu hamil mendengarkan musik, janin akan memberikan reaksi dengan gerakan yang menandakan bahwa janin menyukainya. Jadi memang tidak ada salahnya bila meluangkan waktu untuk merelaksasi diri dengan mendengarkan musik.

manfaat music klasik

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa tidak semua musik memiliki efek positif terhadap kecerdasan janin. Jenis musik yang dipercaya paling memiliki efek positif dalam merangsang perkembangan adalah musik klasik. Tidak banyak penelitian yang secara pasti menjelaskan alasannya. Beberapa hipotesis muncul dan menjadi perdebatan, salah satunya adalah karena sifat musik klasik yang lebih teratur dibanding aliran musik lainnya. Tempo dan nada pada musik klasik dirangkai secara teratur sehingga memberikan penggambaran tersendiri bagi otak untuk menunjukkan bahwa dunia memiliki garis-garis abstrak yang saling berhubungan.

Memperdengarkan musik klasik untuk ibu hamil beberapa bulan, memang pilihan yang baik. Terlebih masa trimester kedua kehamilan, merupakan masa dimana kemampuan pendengaran janin akan berkembang pesan. Memperdengarkan musik klasik dipercaya dapat membuat janin merasa senang dan dihargain selain dengan memberikan sentuhan tangan ibu. Untuk mendengarkan musik, ibu dapat memilih memutar alat pemutar musik dalam volume yang agak keras atau dengan memegang atau menempelkan earphone pada sisi kiri dan kanan perut dengan volume yang tidak terlalu keras.

Janin yang telah diperkenalkan dengan musik akan familiar dengan musik yang sama saat sudah dilahirkan. Penelitian menunjukkan bahwa ada mendengarkan musik klasik dapat membuat anak lebih cerdas dalam matematika dan lebih fokus dalam hal apapun yang dipelajarinya. Jadi tidak ada salahnya memperkenalkan musik klasik sejak dalam kandungan sehingga mereka akan tetap menyukainya meski sudah dilahirkan.

Janet DiPietro, seorang psikolog dari Johns Hopkins University menegaskan bahwa seorang ibu hamil tidak seharusnya mendengarkan musik klasik atau memperdengarkannya bagi janinnya semata-mata hanya untuk membuat bayi menjadi lebih jenius, tetapi untuk membuat ibu hamil dan janin menjadi lebih tenang. Ibu hamil yang merasa tenang dan nyaman akan membantu menghadapi perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Kondisi yang nyaman dan tenang akan memberikan lingkungan yang sehat bagi janin. Mendengarkan dan menikmati musik klasik bagi ibu hamil akan memberikan energi positif bagi tubuh yang akan diserap juga oleh janin.

Manfaat Musik Klasik Untuk Bayi dan Ibu Hamil | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro