Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Makanan manis dan alami ini menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat. Salah satu khasiat yang dikenal adalah manfaat madu untuk ibu hamil, Madu mengandung beberapa komposisi kimia seperti karbohidrat, protein dan asam amino, vitamin, mineral dan antioksidan serta senyawa lainnya seperti asam asetat, asam glukolat, asam butanoat, asam format, asam sitrat, asam suksinat, asam laktat, juga asam-asam aromatik lainnya. Komposisi tersebut baik untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil.

Madu dapat menjadi pilihan makanan untuk dikonsumsi pada masa kehamilan. Manfaat madu untuk ibu hamil muda terutama karena kandungan asam folat yang dibutuhkan untuk pembentukan dan pertumbuhan janin karenanya asam folat sangat dibutuhkan pada masa awal kehamilan. Kekurangan asam folat akan menyebabkan kecacatan pada janin seperti kurangnya kerat badan atau organ tubuh yang tidak terbentuk secara sempurna hingga kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang.

Selain sebagai sumber asam folat, bagi ibu yangs sedang hamil muda, madu dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Ibu hamil muda seringkali mengalami penurunan nafsu makan karena berbagai kondisi yang dialami. Mual, adanya perubahan hormon, penciuman yang sensitif dan konstipasi dapat menjadi penyebab menurunnya nafsu makan pada ibu hamil muda. Madu dapat mengurangi rasa mual sehingga mengembalikan nafsu makan. Kurangnya asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi ibu dapat membahayakan janin.

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

82% komposisi madu merupakan karbohidrat. Mengkonsumsi madu dapat menggantikan karbohidrat sehingga mengembalikan energi yang terkuras. Gula pada madu akan dengan cepat diserap oleh sistem pencernaan sehingga dapat menjadi sumber energi instan. Meski begitu, ibu hamil tetap harus mengkonsumsi karbohidrat dari sumber lainnya seperti nasi.

Madu juga dikenal memiliki aktivitas antibakteri dan antiperadangan. Wanita hamil memang memiliki sistem pertahanan tubuh yang sama seperti pada wanita normal, namun kondisi-kondisi yang muncul pada kehamilan dapat membuat daya tahan tubuh menurun sehingga mudah terserang penyakit dan infeksi yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Aktivitas antibakteri dari madu dapat membantu membunuh bakteri dan menjaga tubuh dari infeksi. Selain itu, kandungan pada madu merupakan suplemen penambah tenaga dan dapat membantu menjaga daya tahan tubuh selama masa kehamilan. Selain bermanfaat bagi ibu hamil, madu juga bermanfaat bagi janin.

Manfaat madu untuk ibu hamil dan janin lainnya adalah memberikan asupan asam amino. Terdapat 20 asam amino esensial yang penting bagi tubuh. Madu memiliki kandungan 18 asam amino tersebut dengan kandungan asam amino terbanyak adalah proline. Asam-asam amino merupakan komponen sangat penting bagi tubuh karena merupakan dasar pembentukan tubuh. Memberikan asupan asam amino yang cukup akan membantu kesempurnaan perkembangan janin.

Berbagai manfaat yang ditawarkan dari mengkonsumsi madu. Pilih dengan baik madu yang akan dikonsumsi selama kehamilan dan konsumsilah dalam batas normal untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Madu memang sudah dikenal akan manfaatnya yang sangat luas, termasuk manfaat madu bagi ibu hamil.

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro