Bepergian dan Aktivitas Fisik pada Ibu Hamil Tua

Terkadang seorang ibu yang tengah hamil tua memiliki kepentingan untuk bepergian ataupun beraktivitas. Beberapa tips dan saran berikut ini diharapkan dapat membantu ibu hamil yang ingin melakukan perjalanan ataupun beraktivitas saat kandungan sudah cukup besar. Memasuki usia hamil tua, seorang Ibu sebaiknya mulai mengurangi atau bahkan menghindari perjalanan yang terlalu jauh atau melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. Hal ini disebabkan karena pada usia kehamilan di atas 36 minggu, ibu lebih cepat merasa lelah dan menyebabkan resiko keguguran menjadi meningkat.

Jika kondisi fisik ibu dan janin sehat, mungkin saja beberapa kegiatan masih dapat dilakukan akan tetapi harus dengan berbagai pertimbangan yang matang. Hal pertama yang harus dilakukan sebagai langkah kehati-hatian bagi ibu di masa kehamilan tua yang ingin bepergian adalah konsultasikan dengan dokter kandungan Anda. Diskusikan rencana bepergian, kendaraan yang akan digunakan, seberapa jauh jarak yang ditempuh hingga siapa orang yang menemani dan bertanggung jawab selama perjalanan tersebut.

Akan tetapi maskapai pun memiliki kebijakan masing-masing terkait maksimal usia kehamilan yang diijinkan untuk terbang. Sedangkan, untuk bepergian dalam jarak dekat sebaiknya hindari ibu hamil tua naik motor meskipun jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh. Sebab resiko yang ditimbulkan saat menggunakan kendaraan roda dua terlalu tinggi dan posisi duduk tidak aman dan nyaman untuk ibu dengan usia kehamilan tua.

hamil tua

Jika ibu tidak berencana untuk bepergian dan memilih untuk selalu berada di rumah hingga menunggu waktu melahirkan tiba, maka hal tersebut lebih baik bagi kesehatan ibu dan janin. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan adanya resiko yang dapat ditimbulkan seperti kelelahan akibat terlalu banyak bergerak. Ada baiknya ketika usia kandungan sudah besar, untuk mendapatkan perhatian penuh dari keluarga ataupun pembantu rumah tangga sehingga ibu tidak perlu melakukan aktivitas yang berlebihan. Seperti ibu hamil tua naik turun tangga jika memiliki rumah dua tingkat atau lebih. Tentu hal ini dapat membuat ibu cepat kelelahan dan berisiko menimbulkan pembengkakan pada kaki akibat berjalan terlalu sering. untuk menunjang kesehatan selama masa kehamilan serta untuk memperkuat aktivitas fisik alangkah baiknya di dukung juga dengan mengkonsumsi minuman sehat seperti susu kedelai, karena sangat bagus untuk nutrisi selama masa hamil.

Jika lantai rumah lebih dari satu, usahakan seluruh aktivitas ibu terpusat pada satu lantai saja. Makan, tidur, mandi dan kegiatan lain tidak perlu dilakukan sampai harus menggunakan tangga. Dan ada baiknya jika mengurangi berjalan agar tidak terjadi pembengkakan pada area tubuh bagian bawah. Cara paling baik adalah tidur atau duduk bersender dengan nyaman agar tidak mudah capek, serta kondisi kesehatan ibu hamil tua dan janin tetap terjaga.

Bepergian dan Aktivitas Fisik pada Ibu Hamil Tua | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro