Hal Yang Ditakutkan Pada Saat Hamil Muda

Pada saat hamil muda, terlebih pada saat hamil untuk pertama kalinya, banyak ibu hamil yang cenderung memiliki ketakutan tersendiri. Ketakutan tersebut menjadi sebuah momok dalam melakukan aktivitas harian.Mulai dari tidak boleh terlalu lelah sampai pantangan untuk memakan sesuatu menjadi nasehat yang banyak diberikan oleh para orang tua.Meskipun ada yang benar, namun tidak semua pantangan saat hamil muda itu benar.Sebaiknya para ibu hamil lebih teliti lagi dalam menentukan apakah sesuatu yang dilarang oleh orang tua memang benar adanya atau hanya mitos belaka.Ibu hamil dapat mulai mencari informasi yang benar mengenai kehamilan, baik dari buku maupun internet.

Selain itu, salah satu ketakutan yang dihadapi para ibu hamil adalah pada saat hamil muda naik pesawat. Ibu hamil dikategorikan hamil muda jika kandungan masih berumur 3 bulan ke bawah atau disebut sebagai trimester pertama.Pada masa ini memang masih rawan karena ditakutkan janin yang berada dalam kandungan belum terlalu kuat untuk bertahan. Jika dipaksakan untuk naik pesawat, guncangan yang terjadi saat pesawat take off dapat menyebabkan janin juga terguncang dan berakibat fatal. Para ahli kesehatan menyarankan pada ibu hamil untuk naik pesawat jika usia kandungan sudah memasuki minggu ke 14 atau trimester kedua. Pada masa ini janin dalam kandungan sudah cukup kuat dan resiko kram yang dialami oleh para ibu hamil saat di pesawat dapat diminimalisir.

hamil muda

Disamping itu, pada saat hamil muda keputihan pun juga menyebabkan para ibu hamil takut.Menurut mitos yang beredar, keputihan merupakan tanda bahaya bagi sebuah kehamilan. Padahal belum tentu keputihan pada saat hamil muda merupakan hal yang buruk , keputihan pada ibu hamil adalah hal yang sangat wajar karena terjadi perubahan hormon pada saat hamil. Namun yang perlu diperhatikan keputihan normal terjadi jika lendir tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak lengket.Jika diluar hal-hal tersebut maka bisa dikatakan bahwa keputihan yang dialami tidak normal, inilah yang dapat mengganggu perkembangan janin.Jadi para ibu hamil sebaiknya waspada dan berkonsultasi ke dokter jika keputihan yang dialami menunjukkan tanda abnormal.

Untuk hal makanan, ada beberapa pantangan yang ditakutkan oleh para ibu hamil mengganggu janin yang dikandungnya.Kelapa muda merupakan salah satu makanan yang hingga kini masih ambigu di kalangan ibu hamil. Ada yang mengatakan bahwa kelapa muda bagus untuk dikonsumsi, namun ada juga yang beropini bahwa kelapa muda malah akan membuat resiko keguguran semakin tinggi. Mitos-mitos demikian sangat membuat ibu hamil merasa khawatir. Oleh karena itu para ibu hamil khususnya saat hamil muda sebaiknya mempelajari terlebih dahulu seluk beluk kehamilan agar tidak tercipta keraguan.

Hal Yang Ditakutkan Pada Saat Hamil Muda | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro