Gerakan Senam Hamil Pengaruhi Psikologis Ibu Hamil

Senam hamil merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mempercepat dan mempermudah proses melahirkan, namun gerakan senam hamil ini tidak boleh sembarangan dilakukan. Senam hamil ini memiliki aturan khusus yang wajib ditaati oleh para ibu hamil agar mendapatkan hasil yang maksimal serta terhindar dari benturan yang malah membahayakan janin. Gerakan senam hamil yang tepat sangat bermanfaat bagi kelancaran persalinan nanti karena melalui senam ini ibu hamil diajarkan untuk mengambil napas yang benar serta mengurangi ketegangan saat proses persalinan tiba. Manfaat lain dari senam hamil ini adalah mengurangi lebam pada persendian ibu hamil selama proses kehamilan berlangsung.

Senam hamil dapat dilakukan secara individu maupun kelompok yang tergabung dalam sebuah forum.Biasanya dalam forum tersebut terdapat instruktur senam yang membantu ibu hamil menemukan gerakan-gerakan tepat selama senam hamil. Berat badan ibu hamil serta usia kandungan juga diukur pada saat senam hamil ini agar ibu dapat mempersiapkan bekal jika persalinan sudah semakin dekat. Senam hamil pertama kali dilakukan pada bulan kelima dimana morning sickness sudah hilang dan ibu hamil menemukan semangat dan gairahnya kembali.Gerakan senam hamil 5 bulan sudah dimulai dengan latihan pernapasan dan juga olah tubuh yang dipersiapkan untuk menghadapi persalinan. Meskipun masih jauh dengan waktu bersalin, gerakan inilah yang akan membuat ibu hamil terbiasa dengan gerakan dan pernapasan guna hadapi persalinan.

senam hamil

Untuk menciptakan hasil yang optimal, gerakan senam hamil meliputi bermacam-macam gerak, antara lain senam kegel, jalan, kaki dan senam jongkok. Kegel berfungsi untuk menguatkan otot-otot dasar panggul serta melatih peregangan pada panggul.Jalan kaki juga sebaiknya dilakukan mulai trimester ketiga agar bayi cepat turun ke jalan lahir.Sedangkan senam jongkok merupakan gerakan senam agar cepat melahirkan yang juga berguna untuk memperkuat otot paha. Selain ketiga gerakan tersebut, terdapat juga pose tailor dimana punggung berada diatas tubuh seperti gerakan push up, pose ini berguna untuk menguatkan otot punggung agar tidak terlalu sakit saat kontraksi terjadi.

Kesemua gerakan senam hamil tersebut mampu memberikan pengaruh yang positif pada ibu hamil serta cukup mengurangi stress yang pasti menghampiri saat menjelang persalinan. Dengan rajin mengikuti senam hamil, para ibu akan banyak bertemu dengan ibu hamil lain sehingga pikiran lebih tenang karena merasa mendapatkan kawan. Kecemasan menjelang persalinan sangat berpengaruh terhadap kondisi bayi dalam kandungan.Dan yang lebih berbahaya, tekanan darah pada ibu dapat meningkat dan kondisi ini membahayakan jiwa bayi dan ibu.Itulah mengapa gerakan senam hamil sangat berguna bagi ibu hamil yang merasakan ketegangan luar biasa dalam menyambut kehadiran si kecil.

Gerakan Senam Hamil Pengaruhi Psikologis Ibu Hamil | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro