Gejala Kehamilan yang Wajib Diketahui

Pada saat pertama kali hamil, banyak ibu hamil yang tidak mengetahui gejala hamil yang dialaminya.Tiba-tiba ibu hamil merasa lemas, pusing, atau bahkan mual di awal-awal kehamilan. Namun ada juga ibu yang tidak merasakan tanda apapun hingga ia tetap melakukan aktivitas seperti biasanya, dan akibatnya kelelahan yang dirasakan membuat beberapa orang ibu hamil mengalami keguguran. Sebab keguguran itu adalah ia tidak mengetahui sebelumnya bahwa ia telah hamil 2 minggu atau lebih. Inilah kenyataan yang terjadi di lapangan bahwa gejala hamil terkadang tampak dan terkadang tidak tampak sama sekali. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang menjadi pertanda kehamilan.

Merasa tidak enak badan seperti masuk angin adalah gejala hamil muda yang paling sering terjadi. Pada kondisi ini ibu hamil merasa badannya meriang yang diikuti dengan nafsu makan yang memburuk.Hal ini sering disepelekan oleh ibu hamil karena menganggap penyakit masuk angin adalah hal yang lumrah terjadi akibat kelelahan.Namun gejala ini menetap hingga kurang lebih satu minggu atau lebih. Tidak datang bulan sama sekali juga merupakan pertanda dari kehamilan. Dalam beberapa kasus terdapat juga ibu hamil yang mengeluarkan flek darah saat pertama hamil.Ia mengira bahwa flek tersebut adalah menstruasi, namun ditunggu hingga hari kedua mens tersebut berhenti dan hanya muncul satu kali saja. Inilah yang disebut dengan flek awal tanda kehamilan.

gejala kehamilan

Flek awal berbeda dengan keguguran, dalam hal keguguran ibu hamil merasakan mulas seperti menstruasi.Sedangkan pada flek awal hamil, tidak terasa sakit apapun pada perut.Selain itu payudara juga membengkak dan terasa nyeri saat dipegang merupakan salah satu gejala hamil muda minggu pertama. Memang gejala diatas hampir mirip dengan gejala menstruasi dimana perut terasa kram dan juga mood berubah-ubah.Namun ditunggu hingga beberapa minggu mens tak kunjung datang namun berganti dengan rasa ingin muntah yang berkepanjangan.Inilah yang biasa disebut dengan morning sickness.

Morning sickness berarti sakit di pagi hari, namun mual dan muntah yang biasa terjadi ini tidak hanya terjadi di pagi hari saja. Ibu hamil akan mengalami mual dan muntah satu hari penuh atau saat-saat tertentu tergantung dari gejalanya. Pada beberapa ibu hamil juga terjadi keinginan kencing yang sering terjadi atau biasa disebut ­anyang-anyangen.Hal ini terjadi karena kandung kemih tertekan oleh adanya janin yang ada dalam kandungan. Oleh karena itu ibu hamil akan merasakan sedikit sakit pada bagian kandung kemihnya. Jika ibu hamil merasakan gejala hamil seperti beberapa contoh diatas, sebaiknya segera memeriksakan ke dokter untuk mengecek lebih lanjut mengenai keadaan kehamilan.

Gejala Kehamilan yang Wajib Diketahui | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro