Berbagai Pantangan Bagi Ibu Hamil

Pantangan adalah perbuatan yang dilarang menurut adat kepercayaan.  Bagai wanita hamil, pantangan dilakukan untuk menjaga dan merawat janin. Semua pantangan yang harus dilakukan dimaksudkan untuk menjamin keselamatan janin. Pantangan ibu hamil dapat berupa larangan dalam mengkonsumsi sesuatu atau melakukan aktivitas tertentu karena dinilai berbahaya bagi janin.

Pantangan ibu hamil muda bahkan lebih banyak dibandingkan pantangan yang harus dijalani pada masa kehamilan yang sudah tua, mengingat pada usia kandungan yang masih muda, sangat rentan mengalami keguguran. Pantangan-pantangan dalam mengkonsumsi sesuatu atau melakukan aktivitas tertentu, tentunya dapat dijelaskan secara ilmiah. Misalnya saja salah satu pantangan yang paling terkenal, yaitu bahwa ibu hamil muda tidak boleh mengkonsumsi nanas. Secara ilmiah, hal tersebut dapat dijelaskan dengan pasti. Benar saja, nanas mengandung enzim protease bromelin yang mirip seperti enzim papain pada pepaya. Bromelin dapat melemahkan leher rahim dan menyebabkan keguguran, sehingga mengkonsumsinya tentu akan membahayakan janin.

Pantangan ibu hamil menurut adat Jawa pun selalu dilaksanakan dan dipercaya dapat menghindarkan janin dari bahaya atau sifat-sifat buruk yang dapat dimiliki bayi bila sudah dilahirkan. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, kehidupan sudah dimulai sejak janin masih berada dalam kandungan karenanya pantangan-pantangan perlu dilakukan untuk menjauhkan janin dari mara bahaya.

pantangan ibu hamil

Dalam adat Jawa, pantangan dapat merupakan larangan mengucapkan kata-kata kotor, sumpah serapah, ejekan bagi orang lain. Dalam kondisi mental yang kurang baik, misal saat ibu hamil sedang emosi, sedih atau kecewa, lingkungan yang tidak sehat juga dapat terbentuk pada rahim, sehingga mengganggu janin dan membuatnya tidak nyaman. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi kesempurnaan perkembangan janin. Selain itu, pada kondisi kehamilan yang sudah lebih tua, janin mulai mengembangkan kemampuan pendengarannya. Setiap kata yang diucapkan oleh ibu atau didengar dari dalam janin dapat menjadi kata-kata yang familiar bagi janin, termasuk bila janin mendengar kata-kata kasar yang diucapkan dengan nada-nada keras. Stimulasi seperti itu dapat berbahaya bagi perkembangan pendengaran janin. Nada dan intonasi pengucapan yang sering didengarnya juga dapat mempengaruhi cara berbicara anak nantinya.

Beberapa pantangan bagi ibu hamil menurut adat Jawa berikut ini cukup terkenal di kalangan masyarakat, diantaranya :

  • Menertawakan orang yang memiliki kelainan fisik karena akan menurun pada anaknya.
  • Tidak boleh memaki/mengumpati orang
  • Makan dan mandi malam hari.
  • Makan jantung pisang karena anak makin lama akan makin kecil, makan ikan lele karena dapat membuat kepala bayi besar dan susah keluar, makan pisang dempet karena anak bisa lahir kembar dan dempet, dan berbagai pantangan makanan lainnya.
  • Menginjak kotoran binatang.
  • Kalau melihat pincuk (tempat menaruh makanan dari daun dan masih ada lidinya) supaya lidi tersebut di lepas.

Bila dicermati, pantangan – pantangan tersebut tentu saja memiliki maksudnya  masing-masing. Misalnya saja menginjak kotoran binatang. Kotoran binatang tentu saja penuh dengan bakteri yang dapat menginfeksi ibu hamil, terlebih berbagai kondisi yang dialami pada masa kehamilan dapat menurunkan daya tahan tubuh. Menghindari benda-benda yang mudah menyebabkan infeksi tentu saja sangat penting untuk dilakukan. Pantangan lainnya adalah himbauan untuk melepaskan lidi dari pincuk bila menemukannya di jalan. Lidi yang digunakan untuk melipat daun menjadi pincuk tentu saja tajam dan debu dari tanah akan membuatnya penuh dengan bakteri. Bila terinjak dan menyebabkan luka tentu saja akan menimbulkan infeksi.

Berbagai pantangan ditemui terutama di kehidupan masyarakat Jawa. Sikapilah pantangan-pantangan tersebut secara bijaksana. Ibu hamil tentunya sudah cukup dewasa untuk membedakan hal-hal yang baik dan pantas untuk dilakukan dan tidak pantas untuk dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan ibu dan janin baik secara fisik maupun psikis. Pantangan ibu hamil merupakan upaya untuk menjauhkan hal-hal yang dapat membahayakan ibu dan janin.

 

 

Berbagai Pantangan Bagi Ibu Hamil | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro