Berbagai Makanan Yang Sehat Bagi Ibu Hamil

Makanan sehat ibu hamil diantaranya yang mengandung asam folat tinggi. Sebab kandungan zat gizi tersebut berperan penting dalam proses pembentukan DNA bayi sel-sel darah merah dan juga dalam pembentukan serta perkembangan sel-sel syaraf. Fungsi ini akan semakin optimal jika digabungkan dengan vitamin B12. Dalam sehari, ibu hamil wajib mengonsumsi minimal 800 mikrogram hingga 1 miligram yang dapat ditemukan dalam makanan-makanan seperti hati ayam, daging merah tanpa lemak, gandum utuh dan ditambah dengan sumber vitamin C untuk mencegah kerusakan folat.

Makanan sehat untuk ibu hamil lainnya adalah yang mengandung protein tinggi. Seperti susu, telur, makanan berbahan dasar kedelai seperti tempe dan tahu serta kacang-kacangan. Hal ini karena pertumbuhan bayi saat di dalam kadungan bersifat eksponensial dan sangat cepat. Setiap sel-sel janin yang tumbuh membutuhkan protein, oleh karena itu asupan protein ibu harus cukup setiap harinya. Selain protein, makanan-makanna tadi juga mengandung tinggi vitamin dan mineral alami. Tentunya ditambah dengan buah-buahan dan sayuran hijau sehingga jenis makanan yang dikonsumsi lebih bervariasi.

Khusus pada masa awal kehamilan, organ yang pertumbuhannya berlangsung paling cepat adalah otak. Sehingga zat gizi yang dibutuhkan tentunya yang memiliki efek positif langsung terhadap perkembangan sel otak. Salah satunya yaitu makanan dengan kandungan asam lemak omega 3. Asam lemak ini merupakan asam lemak tak jenuh yang tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh manusia, oleh karena itu membutuhkan asupan dari luar. Jenis omega 3 yang paling bermanfaat bagi perkembangan janin adalah EPA dan DHA yang mampu mengoptimalkan fungsi pengelihatan, daya pikir serta mencegah bayi lahir prematur. Untuk ibu sendiri, omega 3 dapat menurunkan resiko depresi. Banyaknya manfaat tersebut membuat konsumsi sumber omega 3 seperti ikan salmon dan walnut merupakan makanan sehat untuk ibu hamil muda.

Yang tidak kalah penting, usahakan selama masa kehamilan baik sejak usia hamil muda hingga menjelang persalinan agar ibu selalu mengonsumsi berbagai macam sayur dan buah dengan berbagai warna dan karakteristik. Misalkan sayur dan buah berwarna hijau, merah, kuning, ungu, orange hingga putih karena masing-masing spectrum warna mengandung jenis vitamin, mineral dan antioksidan yang berbeda-beda pula. Sehingga zat gizi yang diserap dalam tubuh lebih lengkap dan seimbang. Selain itu, keuntungan lainnya adalah bayi dapat merasakan setiap jenis rasa yang berbeda-beda tersebut melalui cairan ketuban. Oleh karena itu ketika bayi lahir kelak, ia sudah terbiasa dengan berbagai rasa sayur dan buah sehingga resiko bayi memilih-milih makanan atau tidak suka dengan sayur akan lebih diminimalkan melalui makanan sehat ibu hamil tersebut.

Artiekl artikel lainnya seputar cara supaya cepat hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro