Berbagai Makanan Yang di Rekomendasikan untuk Ibu Hamil

Banyak orang yang menganjurkan agar makanan ibu hamil dikonsumsi dengan porsi dua kali lipat lebih banyak karena untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin sekaligus. Faktanya, saran tersebut tidak sepenuhnya benar karena konsumsi makanan atau energi berlebih dapat membuat ibu dan bayi mengalami kegemukan. Selain menyulitkan proses persalinan normal kelak, konsumsi energi atau makanan terlalu besar dapat meningkatkan resiko timbulnya diabetes gestasional atau diabetes di masa kehamilan.

Anjuran yang tepat adalah ibu hamil mengonsumsi makanan dua kali lipat lebih bergizi dibandingkan kondisi normal, tanpa harus dalam jumlah banyak. Menu makanan ibu hamil muda adalah sesuatu yang harus diperhatikan karena sangat menentukan status kesehatan ibu sejak masa awal kehamilan hingga proses melahirkan dan menyusui kelak. Masa-masa ini juga sangat riskan karena pada trimester pertama kehamilan, biasanya ibu hamil akan mengalami mual dan muntah hampir setiap hari.

Oleh karena itu konsumsilah makanan dalam jumlah kecil tapi sering untuk menghindari perut  mual. Jika ibu belum mengonsumsi makanan apapun, sebaiknya hindari minum terlalu banyak baik dalam bentuk air mineral maupun susu karena dapat menimbulkan perut kembung. Di pagi hari, ketika rasa mual dan muntah paling sering menyerang, makanlah biskuit atau krakers terlebih dahulu untuk menetralkan asam lambung. Jangan langsung mengonsumsi makanan berat seperti nasi dan karbohidrat lain dalam jumlah terlalu banyak karena dapat mencetuskan rasa mual.

makanan sehat ibu hamil2

Karena pada awal kehamilan proses perkembangan otak janin berlangsung sangat cepat dan signifikan, maka ibu harus memperhatikan makanan ibu hamil agar anak cerdas. Zat gizi yang berpengaruh terhadap perkembangan dan kecerdasan otak bayi sejak dalam kandungan adalah yang banyak mengandung asam lemak omega 3, asam folat, DHA, AA, vitamin B6 dan juga zat besi. Jenis makanan yang mengandung zat-zat gizi tersebut antara lain ikan salmon, ikan tuna, sayuran hijau seperti bayam, kacang merah, hati ayam, daging merah, dan lain-lain. Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah tingkat kematangan masakan, contohnya daging, ikan dan hati. Meskipun tinggi kandungan gizi, jika dimasak mentah atau setengah matang maka bahan makanan tersebut dapat berbahaya karena mengandung bakteri yang dapat meningkatkan resiko keguguran.

Oleh karena itu pastikan semua masakan yang dikonsumsi oleh ibu hamil dalam kondisi matang sepenuhnya, dan tentunya berasal dari bahan makanan yang segar dan organik. Hindari juga makanan instan, kalengan ataupun terlalu banyak pengawet dan penyedap seperti msg karena bukan merupakan makanan sehat ibu hamil dan dapat berbahaya bagi perkembangan dan kesehatan janin.

Berbagai Makanan Yang di Rekomendasikan untuk Ibu Hamil | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro