Berbagai Kebutuhan Vitamin Ibu Hamil

Memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan mutlak untuk dilakukan. Nutrisi-nutrisi tersebut tidak hanya menjadi sumber energi bagi ibu, tetapi juga menjadi sumber yang mendukung perkembangan janin. Nutrisi yang tidak terpenuhi akan menyebabkan ketidaksempurnaan perkembangan janin.Salah satu nutrisi yang penting dalam kehamilan adalah vitamin, disamping nutrisi lainnya seperti karbohidrat, asam amino dan protein, lemak atau mineral. Memenuhi kebutuhan vitamin ibu hamil dapat menunjang perkembangan janin mengingat berbagai macam vitamin memiliki fungsi dan peran yang berbeda-beda.

Berbagai macam vitamin untuk ibu hamil akan mendukung kesehatan ibu hamil. Bukan hanya kesehatan janin yang diprioritaskan, melainkan juga kesehatan ibu. Ibu yang sehat akan menunjang terbentuknya janin yang sehat pula. Bila ibu sakit dan tidak menerima asupan nutrisi yang cukup, bagaimana ibu akan memberikan nutrisi untuk janin?

Pemenuhan vitamin untuk ibu hamil dan janin berikut ini berperan penting dalam menjaga kesehatan ibu dan janin pada masa kehamilan :

  • Vitamin B9 (Asam folat)

Asam folat, merupakan salah satu zat yang paling dibutuhkan pada masa kehamilan, karena tubuh tidak dapat memproduksinya secara alami di dalam tubuh, karenanya asupan makanan yang mengandung asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil. Asam folat berperan penting dalam pembentukan sel saraf. Kekurangan asam folat juga dapat menyebabkan keguguran, terlebih masa awal kehamilan merupakan masa yang sangat rentan terjadi keguguran. Asam folat dapat diperoleh dari buah dan sayuran seperti bayam, labu siam, kembang kol dan brokoli, pisang, wortel, tomat, atau jeruk.

vitamin ibu hamil

  • Vitamin C.

Vitamin C terkenal akan aktivitasnya sebagai antioksidan yang akan melindungi dan memperbaiki tubuh dari kerusakan-kerusakan karena radikal bebas dan pengaruh lingkungan. Vitamin C juga akan membantu meningkatkan sistem imunitas. Buah jeruk, stroberi, tomat, brokoli juga bayam merupakan beberapa contoh makanan yang kaya akan vitamin C.

  • Vitamin B12

Vitamin B12 dikenal pula dengan sebutan sianokobalamin. Vitamin ini berperan dalam pembentukan sel darah merah dan sistem saraf pusat pada janin. Ikan, susu, kedelai, hati atau gandum dapat menjadi pilihan makanan yang kaya vitamin B12. Kekurangan vitamin ini tentu akan dapat menyebabkan anemia dan ketidaksempurnaan perkembangan sistem saraf pusat janin.

  • Vitamin D

Vitamin ini akan membantu penyerapan kalsium di usus untuk dibawa ke darah dan jaringan tulang. Vitamin D dapat ditemukan pada ikan, kuning telur, mentega, susu atau keju. Asupan vitamin D yang cukup bagi janin tentu akan mendukung kesempurnaan pembentukan tulang.

  • Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan alami di dalam tubuh. Sebagai antioksidan, vitamin ini akan melindungi tubuh dari radikal bebas dan memperbaiki kerusakan-kerusakan yang sudah terjadi. Vitamin E banyak ditemukan pada ikan, ayam, minyak nabati, kacang hijau atau tauge.

  • Vitamin K

Vitamin ini terkenal akan tanggung jawabnya dalam proses pembekuan darah. Selain itu, berperan pula dalam pembentukan tulang dan memelihara fungsi ginjal. Vitamin K dapat berasal dari sayuran hijau, susu kedelai juga teh hijau.

Berbagai jenis vitamin memiliki tanggung jawabnya sendiri-sendiri dalam menjaga ibu dan janin tetap sehat. Vitamin-vitamin banyak terdapat pada buah dan sayur sehingga untuk memenuhinya pun tidak susah. Karena perannya yang penting, vitamin ibu hamil harus terpenuhi secara cukup.

Berbagai Kebutuhan Vitamin Ibu Hamil | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro