Berbagai Gejala Dan Ciri Ibu Hamil Yang Bisa Diketahui

Bagi sebagian wanita yang sudah menikah dan belum memiliki anak, mengetahui ciri-ciri ibu hamil memang agak sulit. Hal ini terjadi karena sangat tipis perbedaan antara gejala hamil dengan gejala menstruasi. Jika tidak diperhatikan betul dan diuji dengan tespack banyak ibu yang ragu apakah dirinya benar hamil atau tidak. Kehamilan merupakan sebuah proses alamiah yang dialami wanita dimana terjadi pembuahan antara sel telur dengan sperma. Jika sel telur ini tidak dibuahi, maka jadilah menstruasi. Inilah yang menyebabkan gejala keduanya hampir mirip karena didukung oleh hormon yang sama dan terkait dengan organ tubuh yang sama.

Salah satu ciri-ciri wanita hamil yang paling mencolok adalah terlambat datang bulan, Banyak pasangan yang buru-buru membeli tespack ketika mengetahui bahwa istrinya telah terlambat datang bulan. Padahal masih banyak ciri lain yang dapat meyakinkan bahwa wanita tersebut hamil. Jika hanya terlambat bulan saja, hal itu belum tentu merupakan sebuah kehamilan, karena wanita dalam keadaan kelelahan dan kurang tidur biasanya mengalami siklus haid yang terlambat. Namun bisa jadi terlambat bulan memang karena kehamilan. Ciri yang lain adalah rasa letih yang tidak seperti biasanya. Biasanya seorang wanita tidak akan merasa lelah jika hanya bepergian dari rumah menuju kantor, namun dalam kondisi hamil muda yang merupakan pertanda kehamilan, wanita tersebut akan merasakan rasa lelah yang luar biasa. Rasa kantuk menyerang seperti usai minum obat tidur. Hal ini terjadi karena perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan.

ciri ciri ibu hamil

Payudara terasa nyeri juga merupakan ciri hamil, dalam hal ini diikuti dengan puting payudara yang menggelap. Aerola payudara tersebut akan kembali berwarna normal usai melahirkan. Selain itu ibu hamil muda biaanya juga merasakan morning sickness yang berlebihan saat hamil, kondisi ini semakin parah jika janin yang dikandungnya ialah anak kembar. Tak jarang seorang ibu dengan kehamilan kembar mengalami muntah parah saat hamil. Setelah memasuki bulan keempat, mual dan muntah tersebut akan mereda sendiri dipicu dengan kondisi tubuh yang mulai menyesuaikan diri dengan hormon kehamilan. Namun ada juga sebagian ibu hamil yang mengalami morning sickness sepanjang kehamilannya, mulai dari awal hingga akan melahirkan. Kondisi ini tentu saja membuat ibu hamil merasa tidak nyaman.

Fenomena ngidam juga banyak terjadi pada ibu hamil muda. Lidah rasanya ingin mengecap makanan yang asam atau kecut saja, dan jika tidak dituruti konon katanya bayi yang lahir nanti akan sering ngeces. Namun hal ini belum ada pembuktian ilmiahnya, alias hanya mitos belaka. Ibu menjadi malas melakukan aktivitas juga merupakan dampak dari sebuah kehamilan. Hal ini biasanya terjadi pada ibu hamil yang sedang mengandung anak laki-laki. Itulah beberapa ciri-ciri ibu hamil yang umum terjadi di masyarakat.

Berbagai Gejala Dan Ciri Ibu Hamil Yang Bisa Diketahui | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro