Berbagai Ciri Hamil Muda yang Bisa di Ketahui

Hamil muda merupakan masa kehamilan yang paling menakjubkan sekaligus rawan, pasangan yang telah menikah sebaiknya mengetahui ciri-ciri hamil muda agar kehamilan dapat terdeteksi sejak dini. Tujuannya agar pasangan suami istri dapat lebih awal menjaga kandungan jika telah terbukti sang istri telah hamil. Pada saat hamil muda terlebih jika baru pertama kali hamil, sangat sulit untuk mendeteksi hamil atau tidak tanpa  menggunakan tespack atau USG. Pasalanya biasanya pasangan hanya menebak-nebak saja tanpa mengetahui kepastiannya. Gejala yang sangat mirip denagn saat akan menstruasilah yang menyebabkan gejala awal kehamilan trelihat samar dan sulit terdeteksi. Dibutuhkan pengetahuan dan ketelitian untuk melihat seorang wanita sedang hamil atau tidak.

Ciri-ciri orang hamil yang pertama adalah ibu hamil tampak lemah dan lesu. Tubuh lemah dan lesu ini terjadi secara tiba-tiba dan tanpa alasan yang jelas. Rasa lemas dan mengantuk ini menyerang selama 1 minggu pertama kehamilan dan diikuti dengan mual dan muntah. Di awal kehamilan, mual dan muntah yang dirasakan mungkin belum terlalu parah. Namun menginjak usia kandungan 2 bulan biasanya terjadi mual muntah yang hebat sampai ada beberapa ibu hamil yang harus dirawat inap karena kekurangan cairan. Oleh karena itu penting bagi ibu hamil untuk tetap makan dan minum meskipun mual dan muntah menyerang. Inilah yang biasa disebut dengan morning sickness. Gejala morning sickness akan mereda setelah melewati trimester pertama kehamilan.

ciri ciri hamil muda

Ciri-ciri orang hamil muda yang lain adalah terjadi pendarahan ringan atau flek yang muncul mendadak dari kemaluan. Biasanya ibu hamil akan mengira flek tersebut sebagai tanda awal akan menstruasi, namun flek tersebut hanya terjadi sekali dan tidak berlanjut pada haid. Flek ini diikuti dengan membengkaknya payudara dan rasa sakit saat payudara disentuh. Pembengkakan ini juga dialami wanita saat hendak datang bulan, namun bedanya terletak pada menghitamnya aerola puting payudara saat hamil. Hormon kehamilan yang mempengaruhi perubahan-perubahan ini.

Selain itu ciri yang lain adalah ibu hamil tampak menginginkan sesuatu yang tidak wajar atau biasa disebut mengidam. Ibu hamil akan meminta makanan tertentu dan ingin dituruti saat itu juga, tidak hanya makanan tetapi si ibu terkadang juga ingin pergi ke suatu tempat. Mood berubah-ubah juga merupakan ciri hamil muda yang lain. Mendadak ibu hamil menjadi sensitif terhadap apapun, termasuk hal kecil. Penciuman pun turut sensitif terhadap bau-bauan yang menyengat. Terkadang ibu hamil juga merasa ingin kencing lebih sering dari biasanya. Untuk hal ini tekanan terhadap kandung kemih lah yang berpengaruh terhadap rasa ingin kencing. Ciri-ciri hamil muda seperti diatas harus diketahui oleh ibu hamil dan setiap pasangan yang sudah menikah.

Berbagai Ciri Hamil Muda yang Bisa di Ketahui | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro