Beberapa Pertanda dan Ciri Hamil 1 Minggu

Terkadang ibu hamil tidak tahu bahwa dirinya sedang hamil muda, hal ini terjadi karena agak sulit mendeteksi ciri hamil 1 minggu. Padahal sebenarnya deteksi kehamilan sudah dapat diketahui sejak usia kandungan mencapai 1 minggu. Jika menggunakan tespack, dianjurkan untuk melihat hamil atau tidaknya sekitar 1 minggu setelah berhubungan seksual. Hasil dari hubungan tersebut langsung dapat diketahui 1 minggu kemudian. Tespack dengan mudahnya mendeteksi melalui urin karena urin ibu hamil berbeda dengan urin biasa. Sangat penting mendeteksi bahwa setelah berhubungan intim terjadi pembuahan atau tidak karena gejala awal kehamilan harus diketahui sejak dini untuk menjaga dan mengantisipiasi kandungan itu sendiri.

Selain terlambat datang bulan, ciri hamil 1 minggu setelah pembuahan adalah payudara terasa bengkak dan nyeri. Gejala ini hampir mirip dengan tanda akan datang bulan. Payudara menjadi sensitif dan nyeri terhadap sentuhan karena dalam masa kehamilan terjadi perubahan hormon, namun pembengkakan ini akan berangsur hilang setelah melalui trimester pertama kehamilan. Lama kelamaan tubuh akan menyesuaikan diri dengan perubahan hormon yang terjadi, oleh karena itu payudara akan membaik beberapa waktu kemudian. Ciri lain adalah tubuh akan terasa letih dan lelah, padahal ibu hamil tidak sedang melakukan aktivitas berat apapun. Rasa ngantuk dan capai ini dirasakan setiap hari karena terpengaruh dari hormon progesteron yang mengalami peningkatan saat hamil. Akibatnya ibu hamil muda ingin tidur terus dan malas melakukan aktivitas lain. Hal ini sangat normal ketika hamil muda.

ciri ciri hamil 1 minggu

Ciri hamil 1 minggu pertama yang lain adalah ibu hamil merasa sensitif terhadap bau-bauan tertentu, seperti bau nasi, bau sabun, bau kamar mandi, dapur atau bau tertentu yang setiap ibu hamil mengalami sensitif penciuman yang berbeda-beda. Hormon yang meningkat merupakan alasan terjadinya hal ini. Ada yang merasakan sensitif terhadap bau selama 9 bulan penuh namun ada juga yang berangsur membaik setelah trimester pertama. Gejala mual dan muntah pun mengikuti ciri hamil seminggu pertama ini. Mual biasanya menyerang di pagi hari, oleh karena itu masa ini dinamakan morning sickness. Namun ada juga yang mual dan muntah sepanjang hari.

Ciri yang lain adalah perut terasa kembung dan ingin kencing lebih sering terjadi. Tekanan terhadap kandung kemih adalah alasan utama dari ciri ini. Sebaiknya ibu hamil tidak menahan kencing agar tidak terjadi infeksi saluran kencing saat hamil. Infeksi ini lebih rentan menyerang pada saat terjadi kehamilan. Temperatur tubuh menjadi lebih tinggi juga menjadi ciri kehamilan. Tubuh terasa lebih hangat dari biasanya. Itulah beberapa ciri hamil 1 minggu yang perlu diketahui.

Beberapa Pertanda dan Ciri Hamil 1 Minggu | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro