Bahaya Keluar Flek Saat Hamil

Flek saat hamil merupakan salah satu hal yang paling ditakutkan oleh ibu hamil, pasalnya banyak mitos yang mengatakan bahwa flek tersebut adalah salah satu ciri dari gugurnya sang jabang bayi. Padahal flek saat hamil belum tentu merupakan pertanda keguguran, memang terdapat resiko yang ditimbulkan saat keluar flek namun tidak semua mengarah pada kemungkinan keguguran. Flek biasa muncul pada saat ibu hamil sedang kelelahan beraktivitas. Flek tersebut merupakan tanda peringatan bagi sang ibu agar mengerem aktivitasnya agar bahaya dari flek tidak terjadi. Seorang ahli medis menyatakan bahwa 20 % ibu hamil muda terserang flek saat hamil dan 50% lainnya mengarah pada keguguran.

Jadi flek tersebut bisa berbahaya dan bisa juga tidak berbahaya. Tidak berbahaya jika flek saat hamil muda muncul sebagai akibat pendarahan ringan yang keluar dari kemaluan. Flek tersebut merupakan pertanda bahwa terjadi sebuah kehamilan. Namun flek menjadi berbahaya ketika disertai dengan pendarahan berat hingga kram perut yang parah. Jika flek sudah dikategorikan parah, sebaiknya ibu hamil segera memeriksakan ke dokter sehingga dapat ditindaklanjuti dengan tepat. Banyak juga kasus ibu hamil dengan flek dan pendarahan berat tertolong hingga selamat melahirkan bayinya. Inilah sebabnya saat muncul flek harus segera periksa ke dokter agar dapat ditemukan solusinya.

Flek saat hamil 5 bulan, hamil muda, maupun hamil tua tentu saja memiliki perbedaan. Saat hamil muda, flek muncul sebagai pertanda bahwa kehamilan sedang terjadi, flek saat hamil 5 bulan dapat terjadi karena kelelahan atau terlalu aktif bergerak, sedangkan flek yang terjadi saat hamil tua biasanya terjadi pada saat bayi akan lahir. Flek tersebut muncul sebagai tanda persalinan sudah semakin dekat. Pada fase ini sebaiknya ibu hamil sudah bersiap ke rumah sakit untuk mempersiapkan persalinan. Itulah beberapa penyebab munculnya flek pada ibu hamil dilihat dari usia kehamilan.

flek saat hamil

Untuk flek yang terjadi di tengah proses kehamilan, sebaiknya ibu hamil waspada akan kemungkinan flek yang dapat muncul lagi. Jika istirahat dan berbaring sudah dilakukan namun flek tidak juga berhenti sebaiknya segera meminta pertolongan agar tidak terjadi hal yang mengkhawatirkan. Biasanya flek yang normal akan berhenti sendiri dalam waktu kurang dari 24 jam, jika lebih dari itu dokter kandungan akan memberikan obat penguat kandungan untuk mempertahankan bayi yang ada dalam kandungan. Flek yang keluar saat hamil tidak dapat dicegah maupun diperkirakan karena hal ini terjadi begitu saja tanpa ada persiapan sama sekali. Yang paling baik dilakukan ibu hamil adalah selalu menjaga stamina dan mengurangi aktivitas yang berlebih jika tidak menginginkan terjadi flek saat hamil.

Bahaya Keluar Flek Saat Hamil | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro