Agar Ibu Hamil Melahirkan dengan Lancar

Melahirkan adalah sebuah proses yang luar biasa melelahkan tapi juga membahagiakan. Untuk mendapatkan proses persalinan yang lancar, seorang ibu hamil sebaiknya melakukan berbagai persiapan sejak jauh-jauh hari. Tidak hanya fisik tapi juga mental untuk melatih ketenangan dan tidak mudah panik. Sebagian besar ibu hamil akan mulai merasakan gelisah dan kecemasan menjelang persalinan yang akan dihadapi terutama setelah masa kehamilan telah memasuki usia di atas 36 minggu.

Padahal, hal tersebut dan memicu kejadian yang tidak diinginkan baik pada ibu dan juga pada janin yang tengah di kandung. Ada beberapa hal yang dapat dipraktekkan menjelang waktu melahirkan untuk meningkatkan kemungkinan proses persalinan normal dan lancar. Hal yang pertama dan harus selalu diingat adalah selalu menjaga kesehatan ibu, dengan begitu kesehatan janin juga akan selalu terjaga. Atur pola makan secara teratur sejak awal masa kehamilan dan hanya konsumsi makanan yang bergizi dan baik untuk ibu dan janin.

Selain itu, jika mengalami keluhan seperti mual, pusing dan muntah ada baiknya untuk segera menghubungi dokter kandungan pribadi Anda untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Hal tersebut tentu normal dialami oleh ibu yang sedang hami, namun jika masalah tersebut dirasa berlebihan tentu dapat berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan juga bayi yang tengah dikandung.

Tips Supaya ibu hamil melahirkan secara normal

Terlalu memaksakan aktivitas fisik tentu dapat membuat ibu merasa kelelahan dan meningkatkan resiko terjadinya keguguran terutama saat hamil tua. Akan tetapi salah satu tips agar ibu hamil melahirkan secara normal dan lancar adalah dengan berjalan kaki santai secara teratur. Tentunya jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh dan kondisi lingkungan tempat berjalan-jalan harus aman dan nyaman untuk dilalui ibu yang tengah hamil. Seperti misalnya di taman yang sejuk dengan suasana tenang ataupun di sekitar komplek perumahan. Dengan berjalan kaki secara teratur sedikit banyak dapat membantu memperlancar proses kehamilan dan hal ini disarankan oleh beberapa dokter dan juga bidan. jangan lupa istirahat yang cukup serta selalu menjaga kesehatan selama masa kehamilan.

Ibu Hamil Melahirkan23

Persiapan tidak hanya perlu dilakukan oleh ibu yang tengah hamil tua tetapi juga seluruh anggota keluarga lain seperti suami dan anggota keluarga lain yang mungkin tinggal serumah. Hal ini diperlukan jika nanti terjadi suatu hal yang cepat dan mendadak, seperti ibu hamil melahirkan sendiri. Hal ini mungkin saja terjadi terutama jika konstraksi yang dialami berlangsung mendadak tanpa muncul tanda-tanda terlebih dahulu. Sebaiknya pengetahuan terkait persalinan diketahui oleh ibu dan juga para anggota keluarga serta menyediakan alat-alat terkait pertolongan pertama menjelang persalinan di rumah.

Jika tanda-tanda kontraksi itu telah muncul, hal terpenting yang harus dilakukan adalah tetap bersikap tenang dan sering-sering menarik nafas panjang. Selain itu posisikan tubuh dalam kondisi tegak untuk mempercepat dan mempermudah proses pembukaan. Selalu sediakan nomor telepon dokter kandungan ataupun bidan pribadi Anda terutama dalam kondisi penting seperti ini agar ibu hamil yang akan segera melahirkan mendapat pertolongan segera dari para professional.

Agar Ibu Hamil Melahirkan dengan Lancar | posted by admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by WP-CopyRightPro